Tong Setan Nyaring Bunyinya

 

Memiliki gacoan yang selalu dapat diandalkan untuk dapat bertengger di deretan tangga jawara adalah dambaan setiap para peserta, konsisten dalam perawatan serta mau menjiwai kemauan rawatan merupakan hal yang tidak mudah, apalagi dapat selalu tampil di medan pertempuran.

Banyak diantaranya kicau mania yang hanya merawat tanpa mengetahui kesiapan gacoannya untuk tampil di lapangan, dan hasil hanya menjadi donator kalo orang jawa bilang cuma ” nyumbang ” saja. Mengandalkan burung gacor di rumah bisa saja, apalagi dengan menggunakan produk dari Ebod Jaya pasti burung rawatan anda selalu vit, seperti menggunakan Ebod Vit yang dapat menjaga stamina serta kesehatan burung setiap hari, minum bisa gunakan Tirto Kukilo yag sudah terbukti banyak di gunakan oleh para kicau mania pecinta lomba, untuk mandi bisa menggunakan Jati Jajar yang berfungsi sebagai sampo pembersih kutu burung dan menjaga kulit burung tetap sehat di tambah dengan kualitas warna bulu yang akan terlihat lebih lebih bagus. Tidak hanya itu saja, untuk memperbaiki kualitas suara burung agar tidak serak bisa gunakan Ebodre, banyak produk dari Ebod Jaya yang mampu memuaskan perasaan dan pendengaran kicau mania dalam merawat burung rawatan di rumah.

Menjiwai atau biasa di katakan dengan felling yang tepat, adalah juga merupakan salah satu kunci utama saat kicau mania menggantang gacoannya untuk berlatih dan berlomba, ada sedikit tips yang akan di bagikan oleh Om Putra Herawan, yang menggawangi Kenari Tong Setan milik Haji Amik HMT SF. Mula-mula burung pada pagi hari burung di buka krodong, angin-anginkan kemudian selang beberapa saat kemudian berikan cepuk mandi atau semprot sampai basah kuyup lalu jemur, setelah bulu mengering angin-anginkan kembali dan tutup krodong biasanya selama 20 menit sesuai kondisi cuaca, sesaat setelah burung di mandikan ganti pakan burung, pakan burung Om Putra Herawan biasa menggunakan Ebod Kenari, berikan pakan secukupnya agar setiap hari bisa mengganti pakan serta tidak membuat basi pakan, kebersihan kandang tetap di jaga dengan selalu membersihkannya setiap hari setelah memandikan burung, berikan extra fooding berupa sayuran atau buah dan ini tergantung kondisi, campurkan Ebod Vit sesuai dosis pada minumannya pada saat di angin-anginkan usai penjemuran.

Apabila belum memiliki Tirto Kukilo, Ebodre juga dibutuhkan agar suara rawatan kita ini semakin nyaring bunyinya tanpa terkendala serak. Pada saat sore hari buka krodong dan cukup di angin-anginkan saja kira-kira pukul 16. 00wib, apabila burung terlihat sangat birahi mandikan kembali dengan cara yang sama, perhatikan gerak gerik burung kita apa kemauannya, sebab felling yang tepat dapat mempermudah kita untuk membawa rawatan untuk dapat bekerja maksimal di gantangan. Untuk seting lapangan, perlakukan burung rawatan kita sesuai kesehariannya, tetapi pada saat sampai lokasi, tiga sesi sebelum mulai penggantangan buka sebentar kira-kira 20menit agar burung menyesuaikan diri dengan lokasi baru, setelah itu krodong kembali dan siap untuk gantang.

“Alhamdulillah rawatan saya ini dapat selalu memuaskan pemiliknya, dan saya sendiripun puas dengan hasil kreasi saya dalam perawatan, terbukti dengan tampilnya Tong Setan di Bupati Cup Pekalongan beberapa waktu yang lalu, serta event-event sebelumnya “, tutur Om Putra Herawan.

“ Bagi Kicau Mania yang menginginkan Event Kegiatan, Tips merawat gacoan, Breeding atau Kedasyatan gacoannya dipublikasikan di Media Ronggolawe, bisa menghubungi saya di Nomor 083838701661 atau pin BB 5742F99C, terima kasih. *#z3kos#*


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login