Tips Perawatan Harian Pleci Agar Tetap Gacor Dan Sehat

Pleci merupakan salah satu jenis burung ocehan yang sangat digandrungi para pecinta kicau mania, Burung yang banyak dikenal Burung Kacamata ini memang memiliki banyak keistimewaan tersendiri. Pleci memiliki suara kicauan yang khas, Pleci yang sudah terlatih biasanya kicauannya speed nya lebih rapat dan nagen di 1 titik ketika membuka paruh nya suara lantang akan keluar berbagai variasi. Diantara banyaknya istilah yang diberikan pada hasil kicauan pleci, tentu kita sering mendengar istilah Ngeriwik yang artinya Pleci akan play lagu dengan isian tetapi volume yang pelan, lagu yang dikeluarkan biasanya adalah pemasteran – pemasteran yang rutin di perdengarkan pada Pleci dan otomatis Pleci akan me replay “ lagu – lagu “ tersebut karena otak nya sudah merekam lagu tersebut lalu ada istilah Ngerol yang berarti kicauan burung tak berhenti terus nyambung tanpa jeda dari awal hingga akhir dilanjutkan istilah Ngalas yang diartikan Pleci akan alami mengeluarkan suara asli khasnya atau bawaan dan terakhir Ngeplong yang sama dengen Ngeriwik tetapi disertai volume suara yang jauh lebih kencang.

Itulah mengapa Pleci begitu dielu –elukan para pecinta kicau mania, jangan salah Pleci banyak diminati team BC dan SF dan banyak Club/ Komunitas pecinta Pleci yang bermunculan dan dipastikan diberbagai event kompetisi burung berkicau, kategori Pleci selalu penuh dan juga menjadi kategori utama di berbagai kompetisi nasional. Tentunya para pecinta Pleci merasa beruntung dengan memiliki burung yang memiliki nama latin Zosterops ini lantas bagaimana kiat- kiat dalam merawat Pleci yang baik dan benar ? ada baiknya kita simak sedikit ulasan tentang perawatan Pleci sehari – hari ini.

  • Burung Pleci harus rajin dijemur secara rutin agar burung tetap gacor, anda bisa melakukan penjemuran rutin setiap harinya 2 kali sehari bisa di pagi hari saat matahari terbit atau sore hari menjelang matahari terbenam, pastikan sebelum menjemur Pleci di mandikan terlebih dahulu dan cara memandikan burung ada pada link ini.
  • Sangkar atau Kerodong Pleci harus memiliki minimal 2 tangkringan karena gerak Pleci yang lincah tentu saja ingin space yang mumpuni dan mendukung aktifitas geraknya juga menjaga burung dari Obesitas atau penimbunan lemak yang merugikan tubuh burung.
  • Pemberian Pakan yang bervariasi pada Pleci mencegah Pleci agar tidak jenuh menyantap makanan, Pakan yang disajikan rutin setiap harinya anda harus pintar- pintar mengkombinasikan dengan buah – buahan seperti Pisang, Apel, Jeruk, Pepaya dan banyak buah lunak lainnya. Voer bisa anda berikan sebagai pakan utama dan harus memiliki kualitas yang tinggi dan mengandung gizi yang seimbang sehingga bisa menopang tubuh Pleci yang lincah tidak kekurangan nutrisi, anda bisa memberikan Voer Ronggolawe rumput laut yang memiliki banyak keistimewaan dibanding Voer merk lainnya. EF atau Extra Fooding pun bisa anda berikan seperti Ulat hongkong, Kroto dan sebagainya anda bisa memberikan BIO KROTO Dari Ebod Jaya yang jauh lebih praktis dan memiliki kandungan Kroto terbaik untuk burung.
  • Pengembunan juga sangat penting agar melatih pernafasan Pleci sehinggga menghasilkan ocehan yang merdu, tak jauh berbeda dengan penjemuran tetapi bedanya Pengembunan dilakukan hanya pada waktu subuh atau pagi hari kisaran dari jam 5 pagi hingga jam 6 pagi
  • Lakukan pemasteran pada Pleci setiap malam hari hingga besok pagi, anda bisa memberikan pemasteran agar pleci tetap gacor
  • Terakhir rajin lah melatih suara Pleci dan apabila anda gemar mengikuti kompetisi, tentu saja akan melatih suara Pleci dan Pleci akan lebih tertantang dalam mengeluarkan suara karena bersaing dengan Pelci lainnya.

Cukup mudah bukan perawatan Pleci harian? Buat newbie perawat pleci segera pilih Pleci yang anda sukai dan jadilah pecinta Pleci mania ! ( shindee aka Shinta Dewi / Agustus 2017 )


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login