Tips Perawatan Cucak Jenggot

Medironggolawe. com – Burung cucak jenggot adalah burung master yang handal untuk burung berkicau lainnya. bahkan bisa dibilang merupakan burung master yang wajib dimiliki kicaumania. selain pemaster yang baik,cucak jenggot mudah dalam perawatan. selain untuk master, cucak jenggot juga sering dijadikan pendulang poin bagi para pelomba yang ingin menjuarai Bc maupun single fighter diajang lomba besar.

Pamor cucak jenggot pernah menanjak seiring dalam ramainya lomba burung berkicau di tanah air, namun akhir akhir ini cucak jenggot makin sepi peminatnya, terbukti disetiap lomba baik itu latber, latpres maupun lomba besar pesertanya semakin merosot tajam, terkadang kelas cucak jenggot dibatalkan lantaran tidak ada pesertanya. pada waktu masih ada di jaman kejayaannya selalu full peserta e pada tahun 2011 merupakan tahun puncak dari kelas cucak jenggot,semakin meningkat permintaan dilatihan untuk dibuka kelas cucak jenggot pada.

Burung cucak jenggot merupakan master wajib dimiliki oleh para kicaumania sebagai dosen dirumah sebagai pendidik gaco gaco mereka. burung cucak jenggot sangat menarik untuk dipelihara, juga bisa untuk belajar memahami karakter yang notabenya hampir mirip dengan burung cucak ijo, kesulitannya pun hampir sama dengan cucak ijo. dimana kita harus mengkondisikan birahinya yang stabil.

Cucak jenggot merupakan keluarga pemakan buah buahan memiliki suara besetan yang cukup khas dan sering disertai dengan tembakan, baik itu cucak jenggot jatan maupun betina, meski banyak sebagian orang menganggap sebagai burung master tapi banyak juga menjadikan burung pengumpul poin di ajak lomba. burung ini penyebarannya luas meliputi asia dan afrika. lebih menyukai hidup dipepohonan, sebagian bahkan hidup berkelompok dan membuat sarang berbentuk mangkok yang tidak rapi. karakter dasar cucak jenggot non fighter. burung ii bukanlah burung petarung,daya tarung yang ada pada burung ini cenderung akibat tingkat birahi pada level tertentu yang akan membuat burung ini menjaga daerah tetitorialnya.

Burung cucak jenggot merupakan burung yang mudah jinak, karena kemampuan beradaptasi yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia. selain itu cucak jenggot juga merupakan burung aggressor. apabila disekitarnya ada suara burung lain yang memiliki frekuensi tinggi burung ini langsung menimpali.

Makanan yang cocok dengan burung cucak jenggot adalah voer yang kadar proteinnya sedang, karena belum tentu voer yang mahal akan cocok dengan system metabolism cucak jenggot. burung ini juga sangat menyukai buah papaya,pisang,apel,pear, tomat,dan buah lainnya. sedang untuk extra fooding yang baik buat cucak jenggot yaitu jagkrik, kroto, ulat hongkong.

Perawatan hariannya burung cucak jenggot relatif sama dengan burung lainnya, kunci keberhasilan perawatan dengan rutin. dimulai pada jam 06. 00 burung sudaah dikeluarkan dari ruangan untuk mendapatkan udara yang masih segar seperti dihabitan alaminya. jam 07. 00. burung dilanjutkan dengan mandi dikramba serta diganti buah pisang yang masih frees serta voernya juga,dilanjutka dengan penjemuran ngak pakai telalu lama sekitar sampai jam 09. 00 sudah cukup. burung diangin anginkan diberada rumah untuk penyusuaian mata setelah penjemuran sebelum masuk ruangan air minum diganti dengan yang baru yang sudah diberi lima tetes Ebod Vit, dengan pemberian Ebod Vit burung jadi lebih prima dan lebih gacor, sebagai burung master cucak jenggot harus gacor didalam ruangan untuk mendidik burung maskot lainnya. (mudm/17/09/2017 )

Bagi para kicaumania burung gaco maupun burung breedingnya dimuat dimediaronggolawe. com bisa menghubungi nomer Telp /WA 081336613755


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login