Tips Perawatan Cucak Ijo Pak Dalang Jito

Jember, Mediaronggolawe.com – Jalan tak selalu mulus untuk meraih sesuatu yang lebih baik, Banyak kasus atau kendala dalam pemeliharaan burung, baik itu burung yang dipelihara sebagai burung lomba. Diantara sekian banyaknya kendala tersebut, diantaranya yang terjadi pada jenis burung cucak ijo yang sekarang sedang menjadi salah satu jenis burung favorit bagi para sahabat Ronggolawer’s.

Banyak cucak ijo yang terutama dipelihara sebagai burung lomba yang mengalami masalah yang selalu muncul jadi hal kurang bikin galau Over Birahi (OB), sehingga burung tidak akan tampil maksimal ketika diikutsertakan dalam sebuah lomba. Tips cara penanganan burung cucak ijo yang mengalami over birahi dan juga yang mengalami kondisinya ngdrop.

Tanda- tanda Cucak ijo mengalami over birahi (OB)

Kasus ini sangat sering dijumpai pada cucak ijo, dan menjadi salah satu faktor penyebab utama burung menjadi jarang berbunyi hanya menjulurkan lidahnya orang Jember menyebutnya Melet kata salah seorang kicaumania sejati beliau adalah Seorang Dalang Kawakan di Jember bagian Selatan perilaku OB pada cucak ijo biasanya ditandai dengan bulu-bulu yang mengembang alias mbagong.

Ketika cucak ijo mengalami OB, burung menjadi jarang mengeluarkan suara kicauannya, bahkan bisa tidak berkicau sama sekali atau macet bunyi. Hal itu biasanya terjadi dikarenakan pemberian pakan yang terlalu tinggi kadar proteinnya.

Selain itu, OB juga bisa terjadi akibat burung terkena rangsangan dari luar, misalnya dikarenakan burung lain dan lain sebagainya. Mengatasi cucak ijo OB bisa dilakukan dengan memberikan terapi burung sering diumbar dan disediakan air dengan bak agak besar mengurangi porsi extra fooding jangkriknya, serta buah di ganti dengan papaya.

Perawatan cucak ijo over birahi

  • Pemberian EF berupa jangkrik dikurangi menjadi 1 ekor pada pagi dan 1 ekor sore hari.
  • Lalu berikan 2 ekor ulat bambu selama 3 hari berturut-turut
  • Frekuensi mandinya ditambah, misalnya pagi dan sore, bahkan kalau perlu bisa 2x sehari yaitu pagi-dan sore untuk meredam birahinya yang berlebihan. Kalau burung tidak mau mandi, kita bisa menyemprotnya dengan menggunakan semprot dan ke dalam air mandinya bisa kita tambahkan shampoo merk JATI JAJAR yang mengandung desinfektan untuk membunuh kutu dan kuman, juga mengandung Aloevera untuk menghaluskan bulunya.
  • Berikan buah papaya sebagai extra fooding buahnya.
  • Durasi waktu penjemuran untuk sementara waktu dikurangi menjadi 30 menit / hari.

Kondisinya ngdrop sehingga malas berbunyi. Ketika burung dalam keadaan sedang ngedrop, akan berakibat burung menjadi sangat rentan terkena stress, dan dalam kondisi seperti itu bisa membuat metabolismenya menjadi terganggu. berikan setiap hari Vitamin Ebod Vit lima tetes pada air minum selama diberi Ebod Vit burung harus ada di dalam ruangan agar vitamin yang terkandung didalamnya tidak rusak, kalau di dalam ruangan yang tenang dan terhindar dari sinar mentari makan Vitamin yang ada akan diserap dengan sempurna, Ebod Vit membantu burung yang kondisinya ngedrop serta strees. dengan pemberian vitamin agar daya tahan tubuh tetap prima dan mental tidak anjlok. papar Pak Jito

Burung diisolasi ke tempat yang tenang. Diusahakan tidak mendengar suara atau melihat burung sejenis, maupun cucak cungkok, atau juga cucak ranti. dengan penangan dengan cepat kondisi burung yang OB akan cepat pulih. (Mudm/ 15 /08 /2019 ).

Bagi para sahabat Ronggolawe yang mau eksis dimediaronggolawe.com tentang burung gaconya mapun breedingnya bisa menghubungi Nomer Telp atau WA 081336613755


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login