Tips Om Danang Barker atasi cabut bulu pada love bird roro

CABUT BULU/ KANIBAL BISA MEMEPENGARUHI PENILAIAN

Penggemar burung love bird hingga saat ini cukup banyak, bahkan di berbagai tempat latber, latpres hingga lomba burung tingkat Nasional nyaris terus di penuhi peserta, di beberapa lomba Nasional prestise kelas love bird juga tinggi, hal itu terlihat dari mayoritas EO selalu menempatkan burung love bird di kelas utama.

Om Danang Barker

Kendati demikian, love bird juga menyimpan banyak kendala yang tidak setiap orang, baik pemula maupun pakar paham cara mencari solusinya, mulai dari di bawah gacor namun begitu di gantang diam, hanya main – main, mentil, atau yang sudah kerja bagus dari awal hingga akhir tapi tetep kalah lantaran terkendala fisik, seperti botak ( cabut Bulu ).

Khusus untuk love bird cabut buly, di beberapa EO bahkan ada yang menerapkan peraturan cukup ketat, team penilai biasanya akan mengurangi penilaian, bahkan sampai memberi bendera diskualifikasi terhadap love bird yang cabut bulu ( botak ), love bird cabut bulu bisa kalah atau sama sekali tidak bisa mendapatkan nominasi lantaran biasanya di katerigorikan kedalam bentuk fisik burung tersebut kurang ( atau tidak layak untuk di konteskan ).

Di awal kemunculannya pada akhir tahun 2015 yang lalu, roro pernah di gadang – gadang sebagai burung love bird terbaik dan berdurasi paling panjang, berbagai prestasi di beberapa lomba Nasional pun sudah pernah ia persembahakan pada pemilik

Kasus cabut bulu pada love bird juga sebelumnya pernah terjadi pada roro, tepatnya pada akhir 2016 yang lalu, padahal sebelumnya penggemar burung paruh bengkok pernah di buat terkagum – kagum oleh roro, lantaran durasi ngekek yang di punyainya pernah memecahkan rekor sebelumnya yang di pegang oleh Kusumo, jika dalam keadaan top form, sekali narik/ ngekek bisa mencapai waktu  hingga 3 menit.

Pake Miltih lebih bersih dan higienis

Om Danang Barker mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi cabut bulu pada roro, love bird yang sudah membesarkan namanya tersebut, dan berikut penjabaranya berdasarkan pengalaman Beliau :

  • Ganti sangkar burung love bird, dari kandang harian ke kandang berbentuk kotak ( polier )
  • Sediakan pakan “ Miltih “ atau milet putih saja, tanpa di beri extra fooding apapun berikut air minum untuk burung.
  • Burung lantas di taruh dalam ruangan yang terang ( akses cahaya matahari )
  • Love bird sebaiknya di asingkan terlebih dahulu, jangan sampai mendengar suara araupun melihat burung love bird lainnya secara langsung.
  • Ketika di tempat penyimpanan, sebaiknya love bird tidak usah di krodong dan pada siang hari tidak usah di angin – anginkan ataupun jemur secara langsung.
  • Setelah keadaan bulu love bird mulia membaik, setiap 3 hari sekali burung mulai di angin – anginkan di teras.
  • Jika kondisinya sudah mulai membaik, maka love bird mulai di ajari mandi dengan cara semprot halus mnggunakan shampo jati jajar pada malam hari selama 3 hari sekali dan di lihat perkembangannya.
  • Pada saat yang bersamaan, secara berkala burung mulai di mandikan dengan cara semprot samapi basah semua bulu – bulunya dan semprotan sebaiknya di bikin menyerupai hujan.

Selama masa perawatan burung, sebaiknya pangkringan kayu pada sangkar di ganti dengan pangkringan plastik dan jangan sediakan kayu berbentuk apapun termasuk kayu yang biasa di gunakan love bird untuk gigitan, tujuannya untuk menghindari love bird menggesek – gesekan badan maupun paruh yang menyebabkan luka.


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login