Tips Merawat Kenari Yang Sedang Sakit Dan Pemberian Pakan Harianya

Mediaronggolawe.com-Banyak kicau mania yang mengeluh karena burung kenarinya sakit, burung kenari yang sakit bisa dari berbagai faktor, cuaca yang kurang bersahabat, salah pemberian pakan, kondisi mabung juga bisa membuat burung sakit, salah settingan harian dan lomba juga bisa membuat burung menjadi drof dan sakit. Untuk mengetahui settingan burung cocok atau tidak kebanyakan kicau mania mencoba beberapa cara ke kenari, seperti mencoba beberapa pakan, mencoba memberikan vitamin yang berbeda setiap minggu karena khasiatnya belum terlihat. Hal ini justru akan membuat kenari semakin stress dan akibatnya membuat kenari semakin drof hingga sakit. Menurut Dedy dari Depok mencegah kenari supaya tidak sakit tentu lebih baik dibandingkan dengan mengobati kenari yang sakit. Namun jika terlanjur sakit berikut cara mengatasinya.

Kenari yang sakit akan kehilangan banyak tenaga dan tubuhnya akan lemah jadi pertama-tama berikan vitamin yang bisa mengembalikan tubuhnya agar menjadi sehat kembali. Ebod Vit bisa menjadikan kenari anda segera dalam kondisi prima, karena mengandung banyak vitamin yang bisa langsung memulihkan kondisin burung anda menajdi sehat kembali. Perhatikan kebersihan kandangnya, pastikan kenari anda dalam kondisi yang bebas dari rayap dan kuman. Periksa pakannya, mungkin saja pakan yang di berikan kurang cocok dengan kenari anda. Kenali karakternya dan pastikan bahwa nafsu makannya tidak menurun, karena nafsu makan yang menurun akan berakibat kenari anda semakin sakit.

Berikan buah-bauahn dan sayuran yang segar. Kenari sangat sensitif pada pakan, jadi berikan pakan yang kenari sukai. Biasanya buah-buahan dan sayuran menjadi pakan favorite untuk kenari karena bisa memulihkan tubuhnya menjadi segar kembali. Jangan mandikan kenari ketika dalam kondisi sakit, jangan jemur kenari terlalu lama. Sebaiknya kenari yang sakit di isolasi saja, atau di gantungkan di tempat yang teduh. Mencegah kenari yang sakit bisa juga dengan mengumbar kenari, mengumbar kenari untuk olah raga selain bagus untuk melatih agar tidak mudah lelah, melatih kenari juga untuk mempunyai pernafasan yang bagus dan volume suara yang tembus.

Kesalahan dalam settingan kenari biasanya terjadi karena kicau mania tidak disiplin dan konsisten dalam memberikan settingan. Pastikan bahwa mengenali karakter burung menjadi dasar utama untuk sukses orbitkan burung. Sebelum memberikan pakan, kenali dulu apa yang disukai dan apa yang tidak di minati. Jangan memaksakan burung untuk mengkonsumsi banyak vitamin yang berbeda karena bisa membuat kenari frustasi dan jika kenari frustasi tentu saja akan macet bunyi serta mengakibatkan kenari anda menjadi mudah sakit. Berikan perawatan terbaik dengan menggunakan prodak yang baik untuk kenari anda. (Dicky September 2017)

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login