Tips Merawat Burung Kenari Lomba Ala Capt Ariga

 

Pakan Tepat Plus Jemur yang kuat

Aura positive pada burung cantik kaya warna bernama kenari memang tak pernah pudar, tahun ketahun penggemar rumahan bahkan pecinta lomba, jumlahnya terus meningkat dan kenaikannya cukup signifikan. Boleh jadi kagum pada warna serta suara merdu jadi alasannya. Untuk para penghobi merawat burung kesayanganya memang tak banyak variasi, secara sederhana saja, dibersihkan sangkar, lalu diberikan pakan kesayangannya, beres sudah. Tetapi untuk merawat burung lomba, tidak sesederhan itu, merawat burung lapangan bisa dibilang merupakan pekerjaan tersulit.

Tak heran, dalam melakukannya penuh tantangan karena mereka rata-rata pekerja atau pengusaha yang super sibuk Ini dirasakan betul oleh Capt Ariga dalam menggarap dan merawat burung kenari andalanya. Ia harus meluangkan waktu demi mencari setingan yang tepat untuk Costa Memang semua burung yang dikoleksinya merupakan burung –burung jawara yang sudah punya nama besar, tetapi prinsipnya mempertahankan bukan pekerjaan enteng. Mengenal karakter serta merawat dengan benar merupakan kata kunci dalam mempertahankan prestasi.

Ini dilakukanya pada kenari andalannya yang punya kualitas tinggi yang bernama Costa mengguncang lomba besar “ Top Jejak Poor Ronggolawe” pekan lalu di BTW Mall- Bogor dengan laga yang terbilang perkasa dan stabil, Costa nyaris merebut Quiattrik, tentu ini barui pertama kali burung kenari kecil bisa merevbuit juara hampir empat kali juara satu secara marathon pada satu lomba. Sebelum, nya diJKabar dan Taman Bunga Wiladatika Costa merajai kelas kenari kecil, dengan kemenangan mutlak. Bahkan Hattrik. Ini merupakan hasil dari setingan dan hasil besutannya yang tepat Capt Ariga, dimana burung tersebut dirawat dengan tepat dan benar. Berikut Tips dan cara rawat Kenari lomba, harian dan sebelum masuk lapangan. Dimulai rawatan harian, tak lain jemur dengan memakai kandang umbaran, selama 2-3 Jam dengan cuaca yang cerah, saat dijemur diberikan tempat mandi cepuk besar serta sayuran, selada atau oyong.

Beres dijemur lalu masukan kandang harian yang sudah dibersihkan dengan shampoo Jatijajar, yang mampu membasmi parasit, bakteri serta kutu yang selalu menggangu kenari saat istirahat maunpun saat berlomba. Kandang yang bersih membuat burung nyaman beristirahat. Pakan Ebod Canary serta Ebod Vit sudah tersedia disangkar harian. Lalu diaingin -anginkan sebentar dengan disimpan ditempat yang teduh. Setelah rilek burung nyaman, baru dikerodong dan disimpan ditempat yang aman. Jelang sore Hari Costa dibukan kembali dan dibersihkan kandang dari kotoran dan sisa mankanan, dengan mengganti kembali air minumnya.

Rawatan ini berlaku sampai hari kamis sebab Jumatnya sudah masuk kerawatan untuk lomba, dimana burung tak masuk umbaran tetapi sudah masuk kandang lomba. Pakan tetap dasar tetap memakai Ebod Canary, tetapi kali ini diberikan buah apel. Jemur biasanya saja. Jelang hari Sabtu, burung diberikan pakan biasa plus vitamin Ebod Joss 3 tetes sampai hari Minggu. Rawatan akhir dilapangan, jemur sebentar, lalu diberikan kembali Ebos Joss 3 tetes. Kerodong dan simpan ditempat sepi sambil menunggu digantang. (Yan/09/12)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login