Tips Merawat Burung Dimusim Pancaroba

 

Mediaronggolawe. com – Bagi para kicau mania datang nya musim pancaroba, hal yang sangat dikhawatirkan dikarenakan di musim ini, cuaca yang sangat tidak menentu, musim pancaroba ialah musim yang dimana peralihan antara dua musim utama. Di Indonesia dikatagorikan beriklim tropic basah yang dimana memiliki dua musim, musim kemarau dan musim hujan. Yang dimana cuaca akan datang bersamaan dan dengan waktu yang tidak menentu, sehingga suhu udara terkadang naik sangat drastis dan turun sangat drastis, sebagai contoh, cuaca pagi sangatlah cerah akan tetapi tiba-tiba datang awan gelap yang disertai angin kencang dan lalu turun hujan memasuki siang hari awan gelap hilang timbul lagi cahaya matahari akan tetapi sinar cahaya matahari datang dengan panas yang sangat berlebihan hingga memasuki sore hari, tiba malam hari tiupan angin kencang yang sangat dingin, jika para kicaumania telendor dalam menyinyasati, akan berdampak fatal bagi kesehatan burung, yang lebih parahnya lagi akan berdambak burung menjadi sakit hingga datangnya kematian.

Dengan begitu para kicaumania harus punya inisiatif untuk pintar merawat burungnya, dari membagi waktu yang tepat untuk merawat burung kesanyangan nya, kapan waktunya burung mandi dan waktunya burung tidak harus mandi, dan kapan saat yang tepat untuk menjemur burung dikarenakan penjumaran burung adalah kunci utama untuk burung kita sehat yang dimana fungsinya metabolisme burung akan berjalan dengan lancar dan juga penambahan extra fooding serta member pakan yang berqualitas dan bersih, yang tidak kalah pentingnya untuk kondisi daya tahan tubuh burung ialah penambahan multivitamin.

Ebod Vit multivitamin, juga menjadi kunci utama supaya agar burung kita selalu vit dan memenuhi kebutuhan vitamin burung, untuk melawan jahatnya cuaca pancaroba, dengan komposisi vitamin A, D3, B1, B2, B6, B12, C, serta elemen-elemen yang mengandung, ca – d-pantothenate, nicotinic acid, folic acid, electrolyte, ternyata Ebod Vit juga berfungsi sebagai mengatasi strees, menjaga stamina burung, meningkatkan nafsu makan, merangsang burung berkicau yang sangat lah penting ialah menjaga keseimbangan tubuh. Cara menggunakan Ebod vit 5-10 tetes untuk 50cc air minum, menjadikan burung kita selalu vit dan rajin berkicau.

Waktu yang tepat kita memandikan burung saat cuaca tidak mendung dan tidak turun hujan, jangan sesekali memandikan burung saat cuaca tidak tepat seperti turun hujan, awan gelap disertai angin, padahal jam segitu jagoan kita harus mandi tetap kita jangan mandikan, kalau kita paksakan akan berakibat burung kita terserang penyakit seperti bulu mengembang, pilek, kotoran berair dengan begitu burung kita akan tidak mau berkicau lagi dan nafsu makan akan berkurang bisa-bisa berdampak kematian, jika turun hujan yang kita lakukan hanya lah membersihkan sangkar dan mengganti pakan dan minuman saja.

Kebersihan juga bagian dari kesehatan burung, kunci utama meleawati musim pancaroba untuk menjaga kesehatan burung kita ialah penjemuran, apabila terlihat sinar matahari kita wajib menjemur burung walaupun hanya sebentar dikarenakan sinar matahari adalah sumber vitamin D3 yang bisa melawan segala penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, juga mempelancarkan metabolisme burung, akan tetapi jika sinar matahari yang terlalu menyengat jangan kita paksakan untuk menjemur burung kita dikarenaka sinar matahari hari yang sinarnya sangat menyengat akan menghasilkan ultraviolet yang bisa merusak pita suara dan merusak bulu burung serta merusak kondisi kesehatan burung kita.

Segi lain yang tidak kalah pentingnya, penempatan burung dirumah juga harus diperhatikan, cari ruangan yang terasa hangat dan jauh dari ventilasi udara, karena angin pada saat pancaroba sangat lah beda dengan angin di musim lainnya akan terasa sangatlah dingin dan sangatlah kencang di musim pancaroba, karena angin keluar masuk melalui ventilasi udara akan terasa lebih kencang dimusim pancaroba, ada satu lagi yang tidak kalah penting fungsi krodong disini juga hal yang wajib kita perhatikan, dikarenakan krodong sangat banyak manfaatnya dengan hanya terbuat dari sebuah bahan kain, krodong dapat melindungi burung dari hembusan angin, juga dari gigitan binatang nyamuk sehingga burung tidur dengan nyaman dan waktu istirahat burung dapat terpenuhi. Semoga artikel ini bermaanfaat untuk kicau mania dari sabang sampai marauke, salam ronggolawers. (Bayong 2/desember 2016)

Apabila Kicau Mania jagoannya atau breedingnya ingin didokumentasikan dan diulas di www. mediaronggolawe. com bisa hubungi saya di contac:

No hp or Wa: 081281834232
Facebook: rendy marnadiputra
Email: [email protected] co. id
Pin: 7DF5E136


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login