Tips Memilih Pleci Jantan Untuk Lomba

Mediaronggolawe.com – Sahabat Kicau Mania kali ini kita akan membahas burung kecil yang selalu ada di setiap lomba, kita sebut saja Pleci.Mengapa harus memilih pleci jantan untuk di bawa ke gantangan? jawabannya tentu saja pleci jantan mempunyai kicauan yang lebih memukau, disamping itu juga pleci jantan mempunyai volume kicauan yang lebih keras di bandingkan dengan pleci betina. Pengetahuan dalam membedakan pleci jantan dan betina tentu saja sangat di perlukan saat anda membeli pleci yang niatnya memang untuk di bawa ke festival lomba burung berkicau. Pleci berjenis kelamin betina meski sudah di persiapkan dan terus di latih hingga bertahun-tahun tidak akan bisa gacor hingga panjang karena kafasitas gacor pleci betina terbatas. Biasanya pleci betina hanya di jadikan untu over birahi jantan. Tidak rekomendasi merawat pleci betina yang di persiapkan untuk festival hasilnya akan mengecewakan.

Tips memilih pleci jantan untuk festival pertama perhatikan tampangnya, pleci yang bagus untuk di bawa ke festival dan fighter biasanya pleci yang memiliki tampang garang. Menurut mitos yang di percaya oleh kicau mania, pleci dengan tampang yang garang biasanya mempunyai mental yang lebih saat di festivalkan. Mentalnya lebih kuat dari pleci yang lainnya. Setelah memilih pleci yang mempunyai tampang garang, perhatikan posturnya. Pleci dengan postur yang panjang dan ramping mempunyai keunikan saat di festivalkan, biasanya menjadi nilai plus selain kicauannya postur juga bisa jadi poin penilaian pengadil lapangan. Pilih juga pleci yang jinak dan mudah beradaptasi.

Pleci yang jinak bisa dilihat ketika di dekati oleh anda, jika tidak merasa takut dan justru akrab sebaiknya di beli saja karena jarang sekali memilih pleci yang cocok nyaman dengan kita. Jika pleci sudah nyaman tentu saja kedepan akan mudah untuk di rawat. Merawat pleci bisa dengan memberikan Ebod Vit yaitu vitamin harian burung yang berfungsi memberikan stamina lebih sehingga burung tetap sehat. Berikan setiap hari dan burung anda tidak akan mudah terkena penyakit. Jika memilih pleci di ombyokan pilihlah yang aktif dan riang saat berkicau. Pleci yang aktif menandakan tidak sakit dan mentalnya juga kuat. Tinggal di poles sedikit sudah bisa di bawa ke gantangan.

Pilihlah pleci yang tenang ketika di pisahkan dari ombyokan, pleci yang tenang pertanda bahwa mentalnya bagus dan tidak mudah stress serta mudah beradptasi. Dalam memilih pleci untuk di beli dan di orbitkan tentu saja perhatikan juga usia burungnya, sebaiknya belilah yang masih anakan supaya mudah untuk di rawat dan di bentuk karakter kicauannya. Pleci yang masih anakan akan lebih mudah menyerap materi masteran ketika di master. Pleci saat di master juga akan lebih cepat untuk menirukan kicauan burung pemaster jika masih anakan. (Dicky Agustus 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login