Tips Membentuk Mental Cucak Ijo Agar Ngetrok Di Gantangan

Mediaronggolawe.com – Mental burung pada dasarnya adalah sifat alami yang di bawa dari alam, apakah mental burung bisa bentuk? Tentu saja bisa, dengan perawatan harian dan setingan lomba mental burung yang tadinya bebas hidup di alam liar bisa di bentuk menjadi burung fighter yang siap tanding di festival lomba burung berkicau. Cucak ijo merupakan burung yang mempunyai karakter semi fighter, jadi tidak semua cucak ijo akan memiliki karakter fighter yang bagus.  Untuk memiliki mental fighter di gantangan tentu saja cucak ijo harus di berikan pelatihan yang khusus. Apalagi untuk cucak ijo yang baru di beli dan hasil tangkapan hutan biasanya lebih giras, jadi perlum extra sabar untuk membentuk mentalnya.

Mental tempur cucak ijo berbeda dengan burun lainnya, ketika burung jenis lain untuk bisa tempur harus mempunyai birahi yang stabil tapi cucak ijo untuk bisa tempur di gantangan justur sebaliknya harus mempunyai emosi dan birahi yang mencapai titik maksimal. Tiga point penting untuk orbitkan cucak ijo yang bisa ngetrok di gantangan adalah Emosi, Birahi dan staminanya yang harus selalu fit. Tiga point tadi bisa di dapatkan dengan cara pengaturan pola rawatan harian dan festival. Rawatan harian cucak ijo berikan Voer Ronggolawe yang terbuki membuat burung tetap sehat karena asupan gizinya terpenuhi. Berikan Voer Ronggolawe untuk pakan harian cucak ijo dan untuk hasil maksimal berikan juga Ebod Vit untuk mempertahankan stamina burung agar tetap sehat. Ebod Vit vitamin harian burung yang baik di berikan kepada burung setiap hari.

selain pakan pemberian extra fooding juga sangat penting selain jangkrik, kroto, pisang juga bagus untuk pakan harian cucak ijo. Berikan jangkrik setiap hari sampai cucak ijo puas, saat akan di gantangkan juga berikan sepuasnya agar birahinya mencapai batas maksimal. Mengatasi emosi cucak ijo bisa dengan mengatur jadwal istirahat dan mandinya. Mandikan di pagi hari dan jemur sampai kering, cabut pakan dan air minumnya biarkan cucak ijo merasa kelaparan untuk beberapa saat baru setelah itu berikan kemabali pakannya. Cucak ijo akan melihat pemiliknya sebagai pahlawan karena sudah memberikan pakan dan akan menjinak dengan sendirinya karena menganggap pemiliknya kawan.

Setelah asupan pakan dan stamina terpenuhi, cucak ijo juga sudah mulai jinak. Melatih mental bisa dnegan traking dengan cucak ijo lainnya. Dalam satu minggu trek saja dengan burung jenis cucak ijo lain dengan catatan usia cucak ijo untuk trek harus lebih muda dari cucak ijo yang disiapkan. Tujuannya untuk membuat cucak ijo menjadi percaya diri karena merasa lebih unggul dari tembakan dan posturnya. (Dicky Agustus 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login