Tips H Sigit WMP atasi love bird telat ngekek di gantangan

BEGINI PENGALAMAN H SIGIT WMP 

Pecinta burung love bird hingga kini cukup banyak, bahkan di berbagai blok baik barat, tengah, timur, maupun sampai ke luar pulau jawa, mayoritas tempat lomba burung bisa di katakan selalu di penuhi para peserta, gengsi atau prestise love bird memang masih tinggi.

Namun burung love bird juga menyimpan sejuta kendala dan tak jarang bikin pusing sang pemilik/ perawatnya, yang tidak tiap orang khususnya pemula paham tentang solusi mengatasinya, dan salah satunya mungkin telat ngekek ketika sedang di gantangkan/ di lombakan.

Berikut penuturan H Sigit WMP salah seorang kicau mania paling berpengaruh dalam mengatasi love bird yang telat ngekek di atas gantangan, artikel ini mula – mula Saya rangkai dari pengalaman pribadi Beliau yang teruang di laman pribadinya.

H Sigit WMP sendiri merupakan pemilik burung love bird legendaris “ Kusumo “, yang sudah beberapa kali memecahkan rekor baik pribadi ataupun Nasional, sebagai burung dengan penampilan paling stabil selama kurang lebih 2, 7 tahun belakangan ini.

Dan berikut penuturan pengalaman H Sigit WMP ketika mengatasi love bird yang telat ngekek di atas gantangan :

  • Mulai H – 1 menjelang lomba burung tidak usah di jemur, cukup di embunkan/ di angin – anginkan saja pada pagi harinya, namun sebelum di angin – anginkan sebaiknya terlebih dahulu burung di madikan, bisa dengan cara semprot halus atau tergantung kebiasaan masing – masing, setelah itu burung bisa di simpan di tempat yang agak tenang/ sendiri.
  • Pada hari H lomba, pada pagi hari atau sebelum berangkat ke lapangan, burung kembali di semprot halus lalu di embunkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, setelah itu di krodong lalu letakan di tempat yang sejuk.
  • Begitu sudah sampai lokasi lomba, burung di biarkan sampai terlebih dahulu ngekek sendiri, seteah krodong mulai di buka.
  • Kemudian gantang burung di tempat yang lebih sejuk, sampai ngekek 2 – 3 kali, untuk beradapatasi dengan suasana lomba.
  • Kalau burung terlihat mompa atau ngetik bisa di pastikan burung tersebut sedang dalam keadaan kenceng, untuk menurunkannya bisa di semprot lembut pada bagian dadanya, setelah burung kembali di krodong.
  • 2 sesi sebelum di gantang, atau 15 – 20 menit sebelum burung di gantangkan, krodong di buka lalu ambil pakan dan air minum burung kemudian baik alas dan sangkar mulai di bersihkan dan pastikan tidak ada sisa – sisa makan di alas sangkar, setelah itu burung kembali di krodong dan taruh di tempat yang sejuk sampai di bawa ke arena ( lapangan ).
  • Agar stanmina burung tetap prima, selama di padock, pastikan burung jangan di biarkan ngekek terus.

Untuk pakan yang di berikan sendiri biasanya, mulai H – 1 jelang lomba sampai hari H lomba, EF yang di berikan cuma jagung manis, kemudian pakan harian milet putih atau yang populer dengan singkatan nama “ Miltih “.

“ MILTIH, singkatan nama dari milet putih, dari nama, warna kemasan dan komposisinya dibuat semenarik mungkin untuk pecinta burung paruh bengkok ataupun burung pemakan biji – bijian, bahan dasar milet putih yang di impor langsung dari Kanada sangat cocok untuk burung love bird jawara, baik untuk harian maupun menjelang kontes “

“ Berbeda dengan pakan tradisional pada umumnya yang masih memakai sistem ayakan dari tampah bambu untuk memisahkan bijian milet, di Pabrik EBOD JAYA, MILTIH sudah menggunakan mesin modern yang terjamin lebih higienis dan sehat di konsumsi burung untuk jangka waktu yang lebih panjang  “ Panji

 

 

 

 

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login