Tips Agar Burung Branjangan Rajin Berkicau

Mediaronggolawe.com– Burung Branjangan adalah burung dari bangsa Passeriformes family Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya. Kepiawaiannya dalam meniru burung lain serta gaya bertarungnya dengan cara mengepakkan sayap semakin membuat orang suka untuk memelihara burung ini. Dahulu tidak banyak orang yang tau kalau burung Branjangan ini memiliki suara yang indah dan pandai meniru suara burung lain. Kecerdasannya dalam memaster burung lain akan membuat suara kicauannya menjadi beragam. Suara burung Prenjak, Ciblek, dan burung Gereja akan lebih mudah diadopsi oleh burung Branjangan. Di alam bebas burung branjangan ini mempunyai kebiasaan bernyanyi  dimalam atau pun di siang  hari diatas udara seperti helicopter menandakan daerah kekuasaannya, kadang menjaga sarangnya /menjaga syang betina lagi mengeram .  berlari diatas permukaan tanah dan sering bernyanyi diatas kabel telepon, batu atau pucuk pohon yang tinggi serta sambil  berkicau dengan irama lagu yang sangat menguasai daerahnya. Burung Branjangan merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka rumput atau semak-semak yang tidak terlalu rimbun dan termasuk jenis burung pemakan biji-bijian, meskipun terkadang juga sering memakan jenis serangga yang berukuran kecil.

Tips perawatan Burung Branjangan:

Pada umumnya burung Branjangan ditempatkan di sangkar yang berukuran tinggi, bahkan ada yang tingginya mencapai 2 meter, hal ini dikarenakan agar si burung dapat bergerak bebas karena burung ini mempunyai keistimewaan yaitu berkicau sambil terbang secara vertical atau naik turun.

Burung Branjangan tidak suka bertengger di ranting-ranting pepohonan seperti burung-burung pada umumnya, melainkan Dia lebih suka berjalan-jalan didasar tanah maupun batu dan biasanya Dia sangat suka mandi pasir di alam habitatnya. Oleh karena itu didalam sangkarnya hanya diberikan batu apung sebagai tenggerannya dan biasanya diberi pasir pada lantainya. Menurut dari beberapa kicaumania,  lebih baik  menggunakan tumbukan batu bata karena tumbukan batu bata lebih higienis mengandung  mineral , sebagai asinan , tumbukan batu bata oleh branjangan  dibuat mandi abu  menjadikan corak warna bulu burung Branjangan menjadi cerah dan indah. Jangan lupa untuk selalu mengganti tumbukan batu bata tersebut  atau penuh kotoran karena kondisi yang dingin dan lembab dapat menumbuhkan jamur atau bakteri yang bisa menjadi resiko berbagai penyakit.

Berikan Ebod Vit sebanyak 5 tetes yang dicampurkan dalam air minumnya karena Ebod Vit merupakan multivitamin yang sangat cocok dengan burung peliharaan kita , memenuhi  kebutuhan yag diperlukan oleh tubuh burung , menambah nafsu makan ,memberi kekebalan pada tubuh burung akibat perubahan cuaca yang sangat berubah ubah ,menjadikan burung lebih rajin  berkicau , memperbaiki metaboilisme tubuh   .

Perawatan burung Branjangan yang relatif mudah  mengandalkan  pakan biji bijian kenari seed dan buliran padi , dalam kesehariannya  serta juga  diberi Extra Fooding  jangkrik kecil dua ekor  semingu tiga kali diberi ulat hongkong  serta  ulat bumbung  sebagai extra fooding selingat  . Beberapa kicaumania bahkan menjadikan burung ini untuk memaster burung gacoannya. Burung Baranjangan sangat bagus mengeluarkan semua isi lagu masterannya suara burung Prenjak, Ciblek, Gereja Tarung, Cucak Jenggot, Lovebird dan burung lain juga bermental baik akan memiliki harga yang cukup fantastis. Dengan hanya memiliki satu ekor burung, maka cukup untuk memiliki bermacam suara burung lain. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang memelihara burung ini maka semakin banyak yang memburu Branjangan sehingga keberadaan burung ini makin jarang terlihat dihabitat aslinya sekrang sudah ada yang berhasil berternak burung branjangaan ini , yang akan memberi angina segar bagi pecinta kicau mania  untuk bisa menikmati keindahan suara si cantik yang pandai berakrobar diudara ini untuk masalah pakan  sekarang sudah serba ada dipasaran  seperti salah satu produk yang saangat cocok buat burung branjangan  yaitu Riskin  dari Ebod Jaya .Riskin terbuat dari biji bijian yang berkwalitas ,mengandung rempah rempah yang dibutuhkan oleh burung , dikemas dengan mesin modern yang terjamin kehigenisannya ,berkwalitas  diolah oleh para ahli dibidangnya .(mudm12/09/2017 ).

Bagi sahabat  kicaumania yang ingin gacoan dan breedingnya  di muat di mediaronggolawe.com dapat langsung menghubungi kami di no Tlp atau WA 081336613755


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login