Ternak Lovebird Juara Dengan Modal Minimalis

Bogor, mediaronggolawe.com – Ternak Burung Lovebird di rumah sendiri adalah mesin pencetak uang yang paling aman. Hingga kini, ribuan pasang mata tetap melihat breeding Burung Lovebird sebagai mesin pencetak uang dikembangbiakan dalam rumah sendiri. Karena kebutuhan Burung Lovebird ngekek sangat besar di arena festival dan kompetisi burung berkicau. Meskipun sudah banyak penangkar Burung Lovebird mulai dari skala kecil hingga besar yang membanjiri dunia breeding hobi burung berkicau.

Indikasi kicaumania dan sahabat ronggolawers semakin kuat menjadi breeder atau peternak Burung Lovebird karena Burung Lovebird semakin banyak di arena kompetisi burung berkicau.Mulai dari gantangan kompetisi burung berkicaau yang terletak di pinggiran desa hingga tengah kota dengan jumlah peserta di kelas Burung Lovebird selalu penuh gantangan. Panitia pun selalu tersenyum sumringah ketika tiket lovebird selalu ludes terjual mulai dari tiket Lovebird Baby hingga Lovebird dewasa.

Minat kicaumania dan sahabat ronggolawers terhadap Burung Lovebird, merupakan trend dari dunia hobi burung berkicau. Peluang menjadi jawara di atas podium pun selalu terbuka lebar karena selalu ada jawara-jawara baru tampil memberikan perlawanan di arena kompetisi burung berkicau. Baik pemain dari kalangan pemula hingga kicaumania yang sudah kawakan di arena kompetisi burung berkicau. Melihat trend di lapangan seperti ini, sudah tidak ada keraguan untuk semakin dalam kicaumania breeding Burung Lovebird khususnya dengan materi lomba ngekek atau berkicau di atas gantangan.

Dari sejumlah Peternak Burung Lovebird yang sukses, ada beberapa cara yang bisa digunakan para penghobi dengan modal minimalis bisa berhasil menjadi peternak lovebird. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menumbuhkan niat besar untuk menjadi Breeder Lovebird walaupun keterbatasan modal. Kedua selalu belajar dari peternak lovebird yang sudah sukses mencetak lovebird-lovebird juara di arena kompetisi burung berkicau.

“Memang kalau beli anakan dari trah jawara sedikit mahal dibanding dari non trah jawara. Tetapi lebih menguntungkan jika indukan sudah pernah jadi juara di arena kompetisi burung berkicau. Atau anda bisa membeli trah jawara dari piyik dan dipelihara hingga dewasa tapi dengan konsekunsi harus bersabar menunggu hingga dewasa,” Abdullah, salah seorang Peternak Lovebird BCC SF di Bogor.

Bisa diestimasi, seekor piyik lovebird trah jawara dibanderol peternak di kisaran Rp 2 juta – Rp 3 juta. Murah atau mahalnya tergantung dari trah indukan. Semakin bagus induknya, maka semakin mahal piyik yang ditelurkan. Banderol piyikan ini bisa dibikin ekonomis lagi bila Anda memilih piyikan dari jalur non trah. Tapi kalau ingin menjadi Peternak Lovebird, Minimal kicaumania dan sahabat ronggolawers memiliki pengetahuan dalam beternak dan merawat indukan yang sudah dalam masa produksi.

“Jadi kalau sudah memiliki pengetahuan untuk merawat indukan maka kegagalan panen bisa sedikit dihindari. Menjadi seorang peternak lovebird untuk sekarang ini sangat mudah dan cepat yang penting tahu usia Burung Lovebird dan selalu berikan Pakan Voer Ronggolawe dengan tambahan Ebod Breeding,”ujarnya.

Jadi untuk urusan pakan yang dikonsumsi selama proses penjodohan hingga bertelur, standar baku seperti yang sudah banyak diketahui pecinta lovebird. Antara lain mengonsumsi jagung, kangkung, kecambah dan otomatis pakan biji-bijian. Makanya Pakan Voer Ronggolawe produksi Ebod Jaya bisa digunakan oleh Peternak Lovebird pemula karena kandungan yang ada di dalamnya sangat cocok untuk Burung Lovebird ternak. Apalagi Pakan Voer Ronggolawe mengandung antioksidan yang bisa membantu burung tetap sehat dan tidak akan mudah terserang penyakit dari luar.

“Jangan lupa air minum sebaiknya tiap hari diganti dan berikan Ebod Breeding saat dalam masa penjodohan,”ujarnya. Bila sudah mulai masa kawin, sebaiknya sediakan bahan sarang di dalam kandang. Betina yang sudah mulai terlihat membawa bahan sarang ke dalam kotak, menjadi pertanda indukan siap bertelur. Yang tak kalah penting dengan menjaga lingkungan dari segala hewan predator. Antara lain kucing, tikus atau serangga yang dapat mengakibatkan fatal hingga kematian. “Mengenai pola perawatan, menu pakan dan lainnya sudah menjadi standar baku yang lazim diketahui peternak lovebird,”katanya.

Agar indukan bisa makin terpacu produktifitasnya, bisa menggunakan sejumlah multivitamin produk Ebod Jaya. Satu diantaranya Ebod Breeding. Sejumlah peternak dari beberapa kota juga sudah membuktikan Ebod Breeding cocok untuk merangsang produktifitas indukan. Maka dengan keberhasilan mencetak lovebird berkualitas dengan modal minimalis, dapat memberikan keuntungan buat mereka yang memulai breeding dari skala kecil. Karena, harga piyikan trah jawara makin melambung dan pasti diburu pemain. (Ahmadi/ 25 Mei 2017)

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login