Suci, Lovebird Fenomenal Dari Kota Rambutan, Sumut

Di Latber Ronggolawe Binjai: Sekali Tarik, Ngekek Lebih 2 Menit

BINJAI, MEDIARONGGOLAWE.COM: Lovebird SuciI, milik Pak Sabar dari Kota Binjai, membuat kejutan di Latberan Lapangan DPC Ronggolawe Binjai, Selasa (12/9). Kenapa tidak, burung paroh bengkok jenis Lepom yang digantang oleh Ibu Wani, istri Pak Sabar, mengeluarkan kekekan lebih dari 2 menit dalam sekali tarikan.

Para kontestan yang menyaksikan langsung aksi LB Suci, benar-benar terpesona. “Bendera merah (tanda burung narik panjang) menumpuk di bawah gantangannya. Burung ini punya kekekan luar biasa. Namun karena pemiliknya selalu sibuk dengan pekerjaannya, tidak punya waktu untuk menjajal LB Suci ke lomba-lomba besar. Ini aja yang gantang, istri dan anak Pak Sabar,” terang Nata, Ketua DPC Ronggolawe Binjai, kepada Mediaronggolawe.com.

Melihat aksi LB Suci yang luar biasa, banyak kontestan yang penasaran. Bagaimana rawatan LB Suci sehingga bisa ngekek panjang seperti itu?. Awalnya LB Suci durasi tarik panjangnya hanya sekitar 30 detik. Setelah setingan perawatannya diubah durasi tariknya makin panjang. Perawatannya simpel saja:

  1. Setiap subuh diembunkan. Kira-kira jam 8 pagi dimandikan. Dianginkan sebentar, kemudian full kerodong.
  2. Sore hari sekitar jam 16.00 dikeluarkan lagi untuk diangin-anginkan sampai jam 18.00. Kemudian dikerodong full lagi.
  3. Malam sekitar jam 21.00, dimandikan lagi, diangin-anginkan sampai jam 23. Kemudian dikerodong hingga subuh.

Pakan utama dan yang selalu tersedia dicepuknya juga tidak macam-macam. Hanya MILTIH. Tidak ada pakan tambahan, walau menjelang lomba sekali pun. Dalam artian, rawatan harian itu juga setingan lombanya. Sebelum mengikuti lomba juga demikian, pagi dianginkan, dimandikan, lalu dikerodong.

LB Suci berasal dari Kandang Breeding Pak Aris Rambung, Binjai. Namun informasi transaksi antara Pak Aris dengan Pak Sabar tidak begitu jelas. Yang jelas, begitu di tangan Pak Sabar, LB Suci sudah memiliki modal ngekek 30 detik. Gelar juara untuk tingkat Latber dan Latpres sudah puluhan kali.

Para pemburu burung juara kabarnya mulai melirik LB Suci. Tapi Bu Wani dan Pak Sabar sudah bertekat akan melanjutkan prestasi Suci di tangan mereka. Karena masih seperti itu keputusan sang pemilik, para kicau mania, khsusnya maniak lovebird hanya bisa menjadi penikmat kekekan panjang dari LB Suci.

Latber Setiap Hari Selasa

Setelah memiliki lapangan permanen di Tandam Pasar I Binjai, DPC Ronggolawe Binjai, rutin melaksanakan Latber dengan menggunakan jasa juri full Ronggolawe. Latber ditetapkan setiap hari Selasa, jam 15.00 WIB.

Dua bulan berjalan, dalam setiap penyelenggaraan Latber rata-rata gantangan terisi 200. Para kicau mania yang menjadi kontestan datang dari berbagai daerah, seperti: Medan, Langkat, Kuala, Gebang dan Binjai.

Belakangan ini, para kontestan kicau sangat antusias mengikuti kegiatan Latber. Sebab, Latber kini menjadi ajang pembuktian bagi burung-burung baru sebelum gantang di lomba tingkat Latpres dan Kontes. Para kicau mania pencari burung berbakat kini memanfaatkan Latber sebagai lahan pencarian burung calon juara. Sihotang-01/9/17.


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login