Setingan Pentet Harian Dan Untuk Lomba

Mediaronggolawe.com – Kebiasaan kicau mania memiliki dua stelan berbeda untuk burung, stelan saat akan di lombakan dan setelan harian burung. Perbedaan keduanya sebenarnya tidak begitu banyak biasanya lebih ke penambahan porsi extra fooding dan juga vitamin harian yang di ganti oleh vitamin khusus untuk kompetisi. Ebod Jaya mengeluarkan formula khusus untuk kicau mania agar mempermudah dalam mempersiapkan setingan pentet untuk lomba, Ebod Strong adalah formula yang terbuat dari rempah pilihan yang bia membuat burung menjadi lebih strong dan fighter saat di gantangkan.

Perawatan harian cendet kunci utamanya ada pada voer yaitu pakan hariannya, pemilihan voer juga menjadi hal yang sangat penting untuk orbitkan cendet yang juara. Pilihlah voer yang sudah lengkap porsi vitamin, protein dan mineralnya dan juga mempunyai varian rasa yang di minati oleh burung. Voer Ronggolawe dalam satu kemasan sudah mencakup kebutuhan burung. Porsi voer sebaiknya di berikan satu mangkuk saja setiap hari. Berikan juga ulat untuk extra foodingnya 1 sendok teh setiap hari, untuk mengontrol birahinya agar tidak terlalu over pemberian jangkring bisa di bagi menjadi dua sesi, pagi tiga ekor dan sore 3 ekor. Biasakan ambil bulu bulu, sayap dan kepala jangkrik sebelum di berikan kepada pentet.

Rawatan pentet untuk lomba tidak jauh berbeda dengan rawatan harian penambahan jangkrik sebaiknya di lakukan dua hari sebelum lomba menjadi dua kali lipat dari porsi biasanya, jika biasa di berikan 5 maka berikan 10. Sedangkan perlakukan setingan untuk lomba pada pentet yang agresif jika extra fooding di naikan maka mandikan burung dua kali sehari pagi dan sore sampai basah, setelah selesai di mandikan dan di keringkan segeralah pentet di kerodong. Tujuannya agar pentet tidak terus-terus berkicau apalagi ketika  mendengar suara lawannya, dan akan menyimpan lebih banyak tenaga saat di gantangkan di kompetisi lomba burung berkicau.

Sedangkan untuk pentet yang cenderung mempunyai birahi dan emosi yang stabil sebaiknya tidak usah di naikan porsi extra foodingnya, cukup dengan bertahan dengan rawatan harian dan 3 hari sebelum di ikutkan kompetisi sebaiknya banyak di kerodong dengan tujuan yang sama pentet menjadi lebih banyak menyimpan tenaga sehingga saat di gantangkan tidak mudah lelah.

Sebelum menurunkan pentet di kompetisi tingkat nasional sebaiknya untuk melatih mental juaranya agar tidak drof dan minder saat di kompetisi nasional latihlah pentet di latberan, melatih pentet di latberan akan membuat mental burung menjadi lebih kuat dan mental juaranya terbentuk. Sangat mudah untuk merawat pentet tinggal bagaimana kicau mania bisa menemukan setingan yang pas dengan cara mengetahui terlebih dahulu karakter dari pentetnya. (GomezArt23/Agustus/2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login