Ronggolawe Memberikan Warna Baru Dalam Dunia Perburungan Di Brunei Darussalam

Mediaronggolawe.com – Brunei Darussalam, Minggu, 12 November 2017 dihelat Sempena Pertandingan Seni Suara dan Gaya Burung, dalam rangka menjalin tali silaturahmi pecinta burung yang ada di Brunei Darussalam. Pertandingan ini merupakan salah satu event terbesar yang digelar oleh Faidzal Family & Grup, selain itu sytem penjurian untuk menentukan sang juara begitu spesial dengan di datangkannya team penilai dari Indonesia yaitu Ronggolawe Nusantara di bawah naungan Ebod Jaya yang mengutus Watimpres Bpk Jhon Biver Manurung dan Bpk Hany Faroko beserta 4 juri pilihan. Di lomba ini menampilkan 4 kelas unggulan diantaranya, Murai Batu Kepala Hitam, Murai Batu Kepala Putih, Murai Batu Kampung/Kalijiau/Kacer dan Suit Mata Putih/Pleci.

Sahabat kicau mania di seluruh Nusantara sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit sejarah mengenai hadirnya pecinta burung di Brunei Darussalam sekitar 10 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2008 yaitu memelihara burung jenis Murai Batu Borneo Kepala Hitam. Sekitar tahun 2010 pertama kali di Brunei mengadakan Pertandingan Seni Suara dan Gaya Burung, kelas murai Batu Borneo Kepala Hitam dan pesertanya tidak lah banyak sekitar 30 peserta. Dari pertandingan tersebut mulai nampak para pecinta burung di Negara Brunei Darussalam dan terus berkembang sampai saat ini.

Dengan seiring barjalanya waktu pecinta burung kicau mulai memelihara burung jenis murai batu Sabah/Murai Batu Kepala Putih dan Murai Kampong/ Kalijiau atau yg lebih di kenal di Indonesia burung Kacer. Event Organizer di Brunei Darussalam menggelar pertandingan rutin setiap 2 bulan sekali untuk menampilkan para jagoanya sekaligus menjalin tali silaturahmi antar pecinta burung berkicau. Dan pada saat ini antusias kicau mania di Brunei Darussalam semkain merambah juga menuntut untuk terus menggelar pertandingan setiap pekannya.

Awal terciptanya tali sliaturahmi antara Indonesia dan Brunei Darussalam pada Tahun 2016, pihak Event Organizer Brunei Darussalam mengundang khusus team penjurian dari Indonesia untuk sekedar sharing tentang sytem penjurian/penilaian. Yang mengutus 3 orang yaitu Bpk Jhon Biver, Mr Culik dan Mr Kenny. Kesempatan untuk berbagi pengalaman tentang penilaian tersebut berlanjut sampai terjalinya kerjasama di tahun 2017 untuk mendatangkan secara langsung team Juri Ronggolawe Nusantara ke Brunei Darussalam untuk menilai pertandingan seni suara dan gaya burung disana.

Bpk Makhfudz Solaiman selaku Presiden Ronggolawe Nusantara dan Owner Ebod Jaya merasa bangga atas terjalinya silaturahmi antar negara yang dijalin oleh Indonesia dan Brunei Darussalam untuk mengembangkan Seni Suara dan Gaya Burung Berkicau agar lebih berkembang khususnya di Wilayah Asia Tenggara. Adapun harapan dari pihak Event Organizer Brunei Darussalam untuk kedepanya akan melaksanakan sebuah Festival Kontes atau Gaya Burung Berkicau dalam satu tempat dan di hadiri oleh kicau mania dari seluruh Negara di Asia Tenggara. (gmz)

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login