Penanganan Lovebird Yang Suka Turun Ke Bawah Tangkringan

Mediaronggolawe.com – Sahabat Ronggolawe khususnya pecinta burung lovebird, pasti pernah mengalami atau melihat burung kesayangan kita suka turun tangkringan ketika di gantang. Hal tersebut sangat berakibat fatal karena dikala burung lovebird turun tangkringan proses penilaian akan dihentikan menunggu si burung duduk kembali ke tangkringanya. Berbagai cara pun telah dilakukan supaya si burung tidak sampai turun tangkringan ketika di lombakan. Salah satunya menggunakan jebakan- menggunakan minyak- dan menggunakan alat lainya supaya menakut nakuti si burung, semua hal tersebut hanya sepintas saja karena penanganan yang sebenarnya kita wajib mengetahui karakter si burung itu sendiri, mungkin bisa dalam posisi over birahi ataupun si burung merasa fisiknya lemah dan sengaja turun kebawah untuk mengambil nafas.

Kali ini saya akan mengulas sedikit tips ataupun penanganan untuk burung jenis lovebird yang suka turun ke bawah tangkringan.  Langkah pertama kita kembali lagi ke karakter si burung, untuk Lovebird baby di bawah umur 5 bulan mungkin sudah jamak, karena sifatnya masih labil dan sulit sekali memahami karakternya. Tapi untuk lovebird yang sudah dewasa tidak perlu memakai jebakan yang extreme supaya si burung tidak turun, cukup kita latih fisiknya supaya bisa anteng di tangkringan, karena factor fisik sangat berperan penting untuk lovebird supaya ngekeknya bisa panjang, contoh dengan dimasukan kedalam umbaran yang berukuran luas juga proses mandi secara rutin. Pemberian ef yang memicu over birahi sedikit dikurangi supaya lebih tenang ketika ngekek.

Khusus dikelas lovebird memang tidak apa apa bilamana si burung turun ke bawah tangringan, namun pihak juri tidak akan menilainya ketika burung posisi di bawah, oleh karena itu kita kembali ke perawatan setiap harinya dan memberikan tangkringan yang disukai oleh si burung supaya bisa nyaman berada di atasnya. Berikan juga multivitamin Ebod joss supaya birahinya terkontrol, karena Multivitamin Ebod Joss selain obat pengacor burung bisa juga dipakai untuk menyetabilkan birahi dan si burung bisa terlihat lebih tenang dan nyaman ketika ngekek.

Adapula cara yang lebih praktis dan tidak perlu menggunakan jebakan, cukup diberikan karpet terbuat dari pasltik dan di berikan minyak kayu putih sedikit supaya aroma dari minyak kayu putih bisa membuat si burung takut dan naik lagi ke atas tangkringan. Apakah ada efek samping dari minyak kayu putih? Jawabanya tidak sama sekali karena minyak kayu putih bisa juga di pakai sebagai obat untuk semua makhluk hidup untuk melancarkan pernapasan ataupun obat lainya. Om Rendy pernah mencoba melakukan hal tersebut kepada burung kesayanganya yang nakal dan sering turun ke bawah tangkringan, setelah diberikan proses rawatan tersebut dalam beberapa hari hasilnya sudah bisa dibuktikan dan si burung kapok untuk turun di bawah lagi. (Dicky Agustus 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login