Ngopi Sambil Pantau Paud Di Kandang OSBF Jogja

NGOPI SAMBIL PANTAU PAUD PROSFEK DI KANDANG OSBF JOGJA

Ngopi bareng merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kebanyakan orang, apalagi kegiatan tersebut di lakukan sembari memantau burung – burung prosfek yang nantinya bakal di jadikan gaco andalan buat lapangan.

Tak terkecuali bagi Om Handy Woen asal Bandung Jawa Barat, Beliau rela jauh – jauh datang hanya untuk sekedar ngopi bareng Sahabatnya tersebut dan tentu memantau burung love bird hasil breeding dan orbitan Om Oki di kandang OSBF Jogja.

Jika sebelumnya kita mengenal kandang OSBF beralamat di Jl Kusuma negara ( utara kebon binatang gembira loka Jogja ) maka sejak 1 tahun yang lalu kandang breeding OSBF ini berpindah ke Perumahan Bintik, Jl. Godean Km 8, 5 Sleman atau bisa kontak langsung ke nomor  081328156368 / BB 549ace41.

Om Handy Woen merupakan salah seorang langganan tetap OSBF, Beliau mengungkapkan bahwa niatnya bertandang ke OSBF Jogja siang itu tak lain selain untuk memantau paud juga untuk mengantarkan salah satu gaco yang bakal di siapkannya untuk mengikuti ajang Nasional Jogja Vaganza 12 februari mendatang.

“ meski gelaran kurang 1 pekan, namun Saya rela kesini terlibih dahulu untuk mengkondisikan Shiva yang bakal kami proyeksi mengikuti Jogja Vaganza pada 12 februari mendatang, karena memang awalnya saya mendapatkan burung tersebut dari Om Oki “ papar Om Handy Woen.

Beliau juga berharap, niatnya menitipkan Shiva ke Om Oki OSBF tak lain agar gaconya tersebut bisa beradaptasi lebih jelang Jogja Vaganza, sehari setelah Shiva di titipkan hasilnya lumayan dan seolah menunjukan hasil positif, lantaran gaco milik Om Handy Woen tersebut langsung tampil nyetel di latber pasiba dengan meraih juara 1.

Om Oki selain di kenal sebagai breeder love bird juga meruapakan seorang pengorbit, melalui insting dan keuletannya, beberapa gaco potensial sudah pernah Beliau orbitkan dan rata – rata banyak di minati oleh beberapa sahabat asal luar kota, salah satunya yang mencolok tentu  Shiva milik Om Handy Woen.

Menurut Om Oki, merawat burung  love bird dengan tujuan untuk di jadikan burung kicauan, tentu bukanlah perkara yang instan, Pasalnya selain dengan pemberian pakan-pakan terbaik dan mengandung nutrisi lengkap, pola perawatan love bird harian biar ngekek panjang juga sangat berpengaruh besar untuk kedepannya. Kalau pakan sudah diberikan sesuai dengan kebutuhan burung, begitupun rawatan hariannya juga telah di laksanakan dengan baik, benar, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter burung itu sendiri, maka pelaung tercapainya pengicau yang mampu gacor ngekek panjang akan semakin besar.

“ MILTIH, singkatan nama dari Milet Putih. Dari nama, warna kemasan dan komposisinya dibuat semenarik mungkin untuk Kicaumania, bahan Milet Putih yang di impor langsung dari Kanada sangat cocok untuk Burung Lovebird di rumah serta untuk arena kontes “

“ Berbeda dengan Pakan Tradisional yang memakai sistem ayakan dari tampah bambu untuk memisahkan bijian Milet. Di Pabrik EBOD JAYA, MILTIH sudah menggunakan mesin modern yang terjamin lebih higienis “

Terlepas dari itu semua, cara merawat burung love bird agar  mempunyai durasi ngekek yang panjang sendiri, sebenarnya tidaklah rumit maupun sulit untuk diterapkan. Bisa di bilang begitu, sebab rawatan supaya burung jadi lebih rajin buka paruh, ternyata tidak jauh berbeda dengan setelan harian yang banyak di terapkan oleh love bird lovers pada umumnya. Sehubungan dengan itu, adapun beberapa setelan agar suara ngekek-nya berdurasi lebih panjang, antara lain dengan rutin memandikan dan menjemur, mengatur pemberian pakan baik EF maupun harian, dan tentu memberikan multivitamin untuk menjaga kebugaran tubuh burung. Panji/ 3 Februari 17.

 

 

 

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login