Nasry Mio,Breeder Kenari Sukses Dari Ponorogo

Berternak Kenari merupakan aktifitas yang cukup menyenangkan, namun juga sekaligus bisa menghasilkan pundi- pundi rupiah yang sangat menjanjikan. Hal ini dirasakan oleh Nasry Mio yang merupakan kicau mania asli kota Ponorogo. Selain peternak, Nasry Mio juga merupakan seorang pemain yang cukup ternama, kususnya pada jenis burung Kenari.Beberapa burung kenari yang diorbitkannya diantaranya Oscar, Roberto & Santana.

Nama- nama diatas merupakan burung dengankualitas yang diatas rata- rata, serta kerap kali memborong gelar juara kenari terbaik hingga 3 kelas sekaligus. Pada mulanya,Nasry Mio hanya iseng- iseng sajamelakukan aktifitas breeder Kenari,dan hanya untuk mengisi waktu luang saja,setelah rampung melakukan perawatan burung gacoannya. Tak direncanakan,tiba- tiba saja salah satu sahabat memberikan hadiah Seekor Kenari Jantan mantan jawara dengan harga yang cukup murah. Namun karena sang sahabat tidak bisa merawatnya dengan baik, lalu diberikannya kepada Nasry Mio meskipun merugi.

Merasa memiliki pejantan dengan materi kualitas lapangan, lalu timbullah ide untuk dijodohkan dengan salah satu betina miliknya yang telah siap dikawinkan. Kebetulan Pejantan yang didapatkan dari sang sahabat ini dalam kondisi siap kawin. Lalu keduanya dimasukkan kedalam sangkar namun masih diberikan sekat berupa mika transparan, agar bisa saling mengenal terlebih dahulu. Hal ini guna menjaga bila keduanya tidak berjodoh,burung akan tetap aman karena keduanya bisa saling menyerang bila tidak mau dijodohkan. “ Namun rejeki takkan kemana”ungkap Nasry Mio. Keduanya ternyata langsung berjodoh setelah 5 hari disekat.

Ketika dimasukkan kedalam sebuah kandang tanpa sekat langsung kawin. Kini keduanya telah berhasil memilikibanyak “Momongan “,canda Nasry Mio dengan senyumnya yang khas. Bahkan dari keduanya, kini telah berkembang pesat dan hanya memanfaatkan hasil anakan sendiri. Hanya sesekali saja menjodohkan dengan pejantan lain yang ia beli, guna semakin mengembangkan kualitas hasil breeding nya. “Saya terus mencari materi pejantan yang berkualitas tinggi,meskipun saya juga telah berhasil menciptakan anakan jantan maupun betina”. Semata- matahanya untuk eksperimen saja namun tetap dengan Quality Control yang ketat, tandas Nasry Mio.

Lantas aparahasiaNasry Mio kini sukses dijalur breeding kenari ? Tidak ada yang istimewa dalam kesuksesan Nasry Mio dalam melakukan breeding ini, Perawatan juga sederhana yaitu dengan cara mandi, jemur, serta pola pemberian pakan yang tepat. Untuk seluruh burung ternakannya Nasry Mio hanya memberikan pakan produk Ebod Jaya yaitu Ebod canary. Ebod Canary diyakini mempunyai kandungan gizi yang komplit sehingga bisa menjadikan burung selalu stabil birahinya. Selainitu Nasry Mio jugamemberikan Ebod Breeding yang berfungsi meningkatkan birahi sertakualitas telur. Dengan pengamatan yang jeli serta didukung oleh produk- produk handal dari Ebod Jaya, nyatanya dengan melakoninya sendiri, hasil breeding ini bisa saya nikmati dengan nyata. Jadi padaintinya adalah pilihlah materi pejantan yang berkualitas, juga pilihlah betina yang sehat dan siap kawin. Dengan begitu kita tidak banyak membutuhkan banyak waktu, serta hasil ternakan kualitasnya bisa diharapkan. Selamat mencoba cara mudah dansederhana ini.

( eko Po/ 15/ feb/2017 )


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login