Meski sudah mempunyai keturunan, gombloh masih terlihat tangguh + Video

SEBULAN PENUH BAKAL ISTIRAHAT

Sukses meraih predikat sebagai burung terbaik di ajang piala candi borobudur dengan mengemas 3 kali kemenangan sebagai juara 1, pada minggu ( 21/4) yang lalu, memang tidak berlebihan, gombloh mempunyai stamina yang bagus hingga kuat turun di beberapa kelas lantaran H Helmi mempunyai trik tersendiri untuk memaksimalkan gaconya tersebut, yakni cukup dengan rajin mengistirahatkan gombloh dengan cara di masukan ke dalam kandang ternak beserta pasanganya.

Pun halnya  selama bulan suci ramadhan ini, pengusaha asal kota Samarinda tersebut lebih memilih untuk kembali mengistirahatkan jagoannya tersebut guna persiapan menghadapi event yang bakal di gelar pasca lebaran.

Selain memilih untuk mengistirahatkan gombloh, selama ramadhan hingga lebaran mendatang, Beliau juga mengaku ingin lebih dekat dengan keluarga, maklum saja, sebelum – sebelumnya nyaris setiap pekan H Helmi dan crew selalu melalang buana ke berbagai daerah guna bersilaturahmi ke bebeberapa event lomba burung di tanah air.

“ tepatnya seusai pulang mengikuti piala candi borobudur beberapa pekan yang lalu, atau selama bulan suci ramadhan seperti sekarang ini, Kami dan crew lebih memilih untuk beristirahat, ya itung – itung memberi waktu yang lama bagi gombloh agar bisa berduaaan dengan pasangannya, hehehe “ ungkap Beliau.

Namun sekali lagi, tanpa bermaksud membandingkan ataupun mengesampingkan keberadaan  burung – burung jawara lainnya, hinga kini mungkin belum ada seorang love bird lover yang bisa membantah kualitas yang di miliki oleh gombloh.

Ya, gaco andalan BKB BC Samarinda tersebut, setidaknya jika di rentet ke belakang, mulai dari  akhir tahun 2016 hingga peretengahan tahun 2017 ini nyaris selalu nampil maksimal, terutama di berbagai event – event besar tanah air, baik lintas eo maupun blok.

Menurut penuturan Om Fendy, yang sehari – hari menangani gombloh dalam hal perawatan, gombloh merupakan burung love bird berjenis kelamin jantan, “  awalnya gombloh di dapat H Helmi dari latber lokal seputaran kota Kalimantan, sekitar 8 bulan yang lalu “

Om Fendy kembali menambahkan, gombloh memang mempunyai kerja/ durasi ngekek di atas rata – rata, namun setelah berhasil di take over H Helmi, tidak serta merta gaco tersebut langsung mau nampil bagus, dan cenderung lebih sering memperlihatkan permasalahan lain serperti nakal ( ngekek sambil merambat jeruji sampai atap sangkar ).

Namun setelah di rawat beberapa bulan, sedikit demi sedikit Om Fendy mulai mengetahui karakter burung tersebut, dan berinisiatif menjodohkannya dengan jenis betina, setelah berjodoh dan kawin, gombloh mulai di cabut dari glodok kemudian di mainkan dan hasilnya hingga saat ini ia nyaris nampil stabil di berbagai lomba yang di ikuti.

Setelahnya, gombloh memulai debut dan langsung melejit  di pulau Jawa tatkala turun dalam event piala Jogja Istimewa, 18 desember 2016 yang lalu di halaman belakang JEC, penampilan gombloh di event tersebut langsung mendapat perhatian lantaran secara digdaya Ia sukses meraih juara 1 sebanyak 4 kali sekaligus ( quatrick ), pengin tahu pola perwatan gombloh, bisa baca (http://www.mediaronggolawe.com/bongkar-rahasia-love-bird-gombloh-cetak-quatrick-piala-jogja-istimewa.html )

Fakta tersebut cukup membuktikan, bahwa burung love bird berjenis kelamin jantan sangat bagus di jadikan sebagai gaco lapangan, contoh lain love bird jantan yang nampil stabil yakni Awe we kepunyaan H Indra Andong.

Keunikan lainnya yang di miliki gombloh ialah meski burung tersebut selalu di jadikan ke dalam satu kandang dengan jodohnya ( terutama ketika istirahat di kediaman ) bahkan sampai ngawin dan mempunyai keturunan, namun tidak sedikitpun mengurangi stabilitas penampilannya di atas gantangan.

“ Allhamdulillah, hingga saat ini gombloh sudah mempunyai keturunan, ya meski anaknya masih berusia kurang dari 5 bulan, namun Ia sudah menunjukan bakat yang lumayan, semoga saja gombloh junior bisa mengikuti jejak bapaknya kelak, hehehe “ ungkap H Helmi. ( Panji )

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login