Mengenal Indukan Trah Jawara Iwan NS Bird Farm – Bitung Cisereh

Anakan 2 Bulan  Sudah Prestasi Dilapangan

Mengunjungi rumah ternak Iwan NS Bird Farm yang berada dibilangan  Jl, Cisereh Bitung Tangerarg memang sangat  menyenangkan. Kandang ternak yang merupakan rumah tinggal, dengan memanfaatkan ruang belakang yang tidak terpakai, tetapi mampu menjadi mesin pencetak burung-burung anakan yang berkualitas,. Diruangan yang nyaman tersebut, tersusun rapi kandang-kandang batre dengan terisi indukan yang berkualitas. Tentu untuk mewujudkan hal ini boleh jadi tidak mudah bagi peternak  lainnya, pasalnya mengumpulkan indukan piihan yang berprestasi  merupakan pekerjaan yang perlu pengetahuan dan materi besar.

Tetapi bagi Iwan NS yang terbilang pemain ocehan handal, hal itu bisa dilewati, kendati tidak mudah, tetapi pemain serba bisa  ini mampu mewujudkannya. Diakuinya bahwa memasangkan burung –burung indukan yang memiliki prestasi sangat susah. “ Betul, memasangkan burung-burung love bird yang sudah masuk lapangan dan berprestasi memang perlu kesabaran, pantauan yang kontinyu serta pengalaman yang mumpuni ” Jelas Iwan Kepada Media Ronggolawe ,saat ditemui dikandang ternaknya. Didukungan penglaman  sebagai  pemain burung ocehan  lawas, yang sudah dilalui hampir sepuluh tahun , mampu mempermudah mewujudkan ternak  burung-burung trah jawara.

Tak kurang dari 20 kandang ternak yang sudah terisi indukan trah jawara yang siap memproduksi anakan-anakan  yang siap jadi penerus seniornya dilapangan. Dan benar, beberapa anakan yang telah dihasilkan dari breedinganya, mulai meramaikan lapangan lomba sekalipun dikelas Balibu.” Sekarang enak, pantau  burung  bisa cepat, contohnya burung yang hebat ngak harus nunggu usia siap, untuk turun kelapangan, tetapi umur dua bulan lebih bisa Show, tak lain dikelas blibu “ Tambahnya sembari senyum lebar. Setiap bulan Iwan NS BF  mampu menghasilkan anakan 10-20 ekor. Semua dirawat atau diloloh sndiri, Iwan ngak mau tanggung untuk kesehatan dan masa depan burung anakannya, memakai pakan import kendati harus merogoh kocek yang dalam.

Tetapi hasilnya sepadan, burung anakan tumbuh berkmbang dengan pesat, sehat dan cepat gacor,terlebh ditambah vitamin Ebod Vit yang dicampurkan pada pakannya 3 tetes. Dengan perawatan yang baik, benar dan tepat, anakannya banyak diburu para pemain lovebird setempat, karena mereka hapal indukannya dan pola rawat Iwan NS. Kebetulan siang  ada  kicaumania yang berkunjung yang telah memiliki anakan Ring  NS, ia dapat  door prize saat launching CBC, pada lomba itu, Iwan NS memberikan 3 ekor LB Balibu. Yang mendapat sangat senang, karena burungnya gacor-gacor, bahkan ada yang warna pastel kuning, mampu menjawara dilombanya Citra.

Ada juga pembeli anakan Ring NS yang datang, menyatakan ia merasa puas, membeli dari Iwan SN BF, kendati harga cukup tinggi perekornya  Rp 2 Juta, tetapi mendapat garasi, kalau tak jalan dilapangan boleh dikembalikan. Tentu ini hal positive yang diberikan iwan untuk konsumennya. Beberapa indukan yang mengisi kandang ternaknya, tak lai, Cut Tari, Saskia, Petruk dan Sapar dll,  yang menghasilkan anakan-anakan hebat dengan mental tempur tinggi. Terlebih Sapar, sebelum masuk kandang ternak, dari umur 3 bulan ia sudah menjawara dilapangan, sampai  usia  dewasa, ia tetap mapan. Kualitas suara hebat dan mental tempurnya ngedur. Di akui Iwan, produksiny  tetap  lancar, indukan terus produksi  anakan,  berkat pakan Miltih, serta Ebod Breeding  yang selalu diberikan secara kontinyu kepada indukannya. (Yogi Al 12/04/17)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login