Menengok Penangkaran Murai Batu Ekor Panjang CTR BF Bogor + Video

CTR BF Pemilik Murai Batu Ekor Terpanjang Di Dunia Dengan Panjang 36 Cm

Mediaronggolawe.com berkesempatan menyambangi kediaman sekaligus penangkaran Murai Batu yang di sinyalir  ekornya terpanjang di Dunia. Mr. Catur owner sekaligus pengelola CTR BF Bogor yang berlokasi di Kota Bogor. Mr Catur sudah lama aktif diusaha penangkaran khusus murai batu ekor panjang, di kediamannya yang luas dan terlihat berjejer kandang- kandang penangkaran murai batu, berdasarkan hasil survei yang beliau lakukan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapore, Vietnam, Thailand dan Laos dan hasilnya burung murai batu miliknya saat ini adalah yang terpanjang di Dunia. Indukan Murai Batunya pun Exclusive karena didatangkan dari negara tetangga Singapore yang memiliki kualitas diatas rata – rata dari burung  murai batu lainnya.

Di penangkaran murai batu milik Mr Catur Bf banyak di jumapai burung murai batu dengan ekor panjang yang langka di temui di tanah air, serta teampat yang nyaman dan terbuka dengan langsung tersorot sinar matahari pagi hari dan juga memberikan kesan yang sangat rapih dan bersih, dan sangat nyaman untuk menikmati kicauan burung murai batu di pagi hari. Hampir puluhan kandang ternak terisi dengan murai batu ekor panjang yang telah berhasil menghasilkan anakan. Dan Mr Catur menuturkan burung murai batu ekor panjang yang penah iya miliki sampe saat ini mencapai 36 Cm, dari sekian negara yang saya kunjungi hanya burung saya yang paling panjang saat ini, bisa dikatakan terpanjang di dunia.

Murai Batu “Dad Anchor” atau Bapak Utama nama yang disematkan oleh Mr .Catur yang juga seorang Contractror Expert ini yang memilik ekor panjang mencapai 36cm, MR catur mengajak berkeliling kesetiap sudut pengkaran murai batu miliknya “ ada tempat khusus untuk anakan ada jantan dan betiana “ ujar Mr. Catur menerangkan salah satu sudut kandang yang dihuni anakan trah juara “prosesnya  setelah 10 – 11  hari anakan di bawa kesuatu ruangan dan disimpan dalam box inkubator setelah 1 bulan lebih lalu setelah 3 bulan di karantina dan burung harus melewati masa pengembungan karena itu akan  mempengaruhi kualitas bulu” lanjut Mr. Catur.

Ada banyak jenis murai batu yang dimilikinya dan di spot lain, Mr.Catur pun membawa kami pada tempat burung murai batu yang diberi nama Presiden dan  ada Selendang Hitam yang baru dimilikinya “Mengapa saya beri nama Selendang Hitam? karena saya orang jawa dan ekornya begitu panjang seperti selendang dan berwarna hitam “ ujar Mr. Catur sembari tersenyum“ Kalau Presiden memiliki sejarahnya tersendiri, Presiden sudah dibawa – bawa oleh teman –teman saya mengelilingi kota –kota di pulau jawa dan kembali lagi ke Bogor dan Presiden dibawa langsung dari Singapore dengan penuh perjuangan hingga sampai disini “ tukas Mr. Catur .

Bercerita pertama kali merintis usaha breeding murai batu ekor panjang, Mr. Catur pun mengenang sejak kecil beliau tak begitu tahu tentang Murai batu lalu setelah pindah ke Singapore beliau pun jatuh cinta pada Murai Batu. Hamper 10 Tahun tinggal di Singapore dan mendalami Murai Batu Sinapura, Mr. Catur pun jatuh cinta dengan keindahan yang dimiliki Murai batu Singapore yang rajin Ngefly dengan ekor panjangnya. Karena terbiasa dengan ekor panjang khas Singapore, ketika kembali ke tanah air beliau merasa kurang cocok dengan Murai Batu indonesia.” Sebenarnya di Indonesia memiliki banyak jenis Murai Batu mulai dari Murai batu Lampung, Jambi, Medan, Kalimantan dan Aceh dan murai batu kita sekilas badan lebih besar cenderung paling panjang rata – rata  23-24” ujar Mr. Catur panjang Lebar. Faktor ekor pun berasal  dari gen walau bagaimanapun perawatan burung itu, bila genetik bawaannya pendek tetap pendek.

Tips pemilihan Murai batu yang baik versi Mr.Catur yang dibagikan untuk sahabat Ronggolawe adalah jangan hanya dilihat panjang ekornya saja, tetapi badan, leher harus panjang dan kaki yang tegak tidak boleh luput dari pengamatan. Ada cerita menarik dari sekian burung yang dimilikinya ternyata merupakan anakan trah juara dari David DS asal Singapore yang juga seorang Pengacara. Anakan yang dia miliki merupakan hasil regerenasi dari God Father murai batu gacoan David DS yang berprestasi dan Mr. Catur bangga bisa mengembangkan Anakan dari burung hebat di tanah air kita yaitu di Bogor.

Suka duka dirasakan Mr. Catur dalam merawat indukan – indukan untuk anakan yang dihasilkan breedingannya, hingga memakan 2 tahun. Ada betina yang sudah 9 kali menetas, tetapi karena kasihan terus diproduksi, akhirnya dicabut dan di istirahtkan. Tips lain yang dibagikan Mr. Catur, pemilihan treatment bisa mempengaruhi pertumbuhan Murai Batu, salah –salah akan mempengaruhi ekor menjadi pendek.

Ada 11 kandang trah ekor panjang yang sekarang dimilikinya dihuni jajaran Indukan berkualitas tinggi.” Indukan yang  saya  miliki tidak jual belikan untuk bibit Catur Bird Farm, dibayar berapapun hingga sampai dibogor suatu perjuangan yang sangat special sehingga tak terpikir untuk menjual “ tukas Mr.Catur. ketika disinggung bila ada yang berniat meng- take over Indukan milik penangkarannya.

menengok  prodak- prodak yang dimilikinya, rata –rata impor dari berbagai negara seperti Amerika serikat dan Australia, dan baru – baru ini Mr. Catur merasa cocok dengan Prodak keluaran Ebod Jaya yang memiliki mutu bagus dan rajin diberikan pada burung – burung yang dimilikinya “ Alhamdulilah ada prodak indonesia yaitu Prodak hasil Ebod jaya yang luamyan bagus dan membanggakan Indonesia dan stamina burung pun tetap terjaga  “ ujarnya sambil tersenyum. Dan ketika di singgung budget yang harus di keluarkan untuk meminang anakan dari CTR BF jujur saya sangat terkejut, karena harga yang di tawarkan sangat fantastis dengan kisaran harga anakan murai batu Betina di harga 50 Juta dan yang Jantan di harga 45 juta, namun jika kita lihat dengan kualitas dan kelangkaannya cukup sebanding dengan harga segitu. Jadi buat sahabat ronggolawers di seluruh nusantara jika berminta untuk meminang salah satu anakn Murai Batu Ekor Panjang CTR BF bisa langsung hubungi via facebooknya di “Catur BF Purwo Banyuwangi” atau bisa langsung datang ke Bird Shop di Jl. Sukahati, Bogor atau di No Hp. 0813-1883-2963 (GomezArt06/Juni/2017)

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login