Memilih Pentet Untuk Di Lomba

Mediaronggolawe.com – Pesona pentet mania masih belum berkurang meski di latberan sudah jarang yang menggelar kelas pentet tapi di kompetsis nasional kelas pentet masih menjadi buruan bagi pentet mania. Memilih pentet yang berkualitas untuk di bawa ke kompetsis lomba burung berkicau cukup mudah, karena pentet bukan burung yang sulit di taklukan. Justru pentet adalah burung yang pintar dan sering sekali di jadikan burung premaster untuk burung lainnya. Tetapi meski sifat aslinya pintar tetap saja untuk di bawa ke kompetsis lomba burung berkicau memerlukan ketelitian saat memilihnya. Karena pentet juga memiliki karakter dab volume yang genetis di turunkan dari indukannya.

Dalam memilih pentet khususnya untuk kompetsis perhatikan beberapa ciri ini. Pertama dengarkan dulu kicauannya volume saat berkicau harus keras dan nyaring di atas rata-rata volume pentet yang lainnya. Speed saat berkicau juga harus rapat dan cepat. Irama lagu sebenarnya bisa di bentuk dengan pemasteran namun akan lebih bagus lagi jika dari awalnya sudah mempunyai irama lagu yang terbentuk merdu. Pilih juga pentet yang mempunyai power yang mempuni untuk kompetsis. Jika beberapa ciri di atas sudah sesuai maka tidak akan sulit untuk memaster pentet agar bisa sesuai dengan aturan penilain pengadil lapangan.

Orbitkan pentet juara juga bergantung pada konsistensi pemberian pakan dan vitamin, berikan Ebod Joss untuk pentet bisa mengeluarkan suaranya yang keras dan Voer Ronggolawe untuk vitamin, nutrisi, dan asupan gizi harian pentet kesayangan anda. Setiap pentet memiliki kapasitas yang berbeda, perawatan sama tapi daya serapnya mungkin saja kurang jadi biasakan kenali dulu karakter pentet sebelum memberikan setingan harian dan setingan untuk lomba. saat mempersiapkan untuk kompetsis dalam masa pemasteran perhatikan juga paruhnya, jika paruhnya terbuka lebar-lebar, itu pertanda ngotot dan sudah siap untuk di ikutkan kompetsis karena volume yang di keluarkannya akan tembus. Irama dan lagu yang di keluarkan saat di gantangan pun akan terdengar lebih jelas dan menonjol.

Mempunyai suara keras dan menonjol di sertai paruh yang terbuka lebar di perlukan pemasteran yang harus di sesuaikan dengan karakternya. Bisa di master dengan burung yang lagi trend seperti cililin dan lovebird. Cililin mempunyai irama lagu yang bagus dan lovebird mempunyai irama yang rapat. Ada satu yang harus di perhatikan juga saat pemasteran, pastikan bahwa pentet tidak memiliki suara yang Kristal karena jika pentet memiliki suara yang mengkristal pastikan juga memasternya dengan burung yang mempunyai kicauan yang serupa agar sesuai dengan karakternya dan tidak memaksakan kemampuannya, yang justru akan merugikan kedepannya. Pada dasarnya pastikan dulu anda mengenal karakter pentet sebelum menurunkannya ke gantangan. (GomezArt22/Agustus/2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login