Membedakan Pentet Jantan Dan Betina Pada Trotolan

Mediaronggolawe.com – Cendet Atau Pentet mempunyai bentuk tubuh yang indah dan proposional, hampir tidak bisa di ketehui mana jantan dan betina, terutama saat masih trotolan karena bulunya yang halus dan indah menjadikan burung ini sangat cantik yang setiap kicau mania pasti mengiranya betina. Namun bukan berarti tidak bisa di bedakan sama sekali. Cendet yang tergolong burung predator ini selain tubuhnya yang bagus dan indah juga merupakan burung cerdas yang bisa dengan mudah menirukan suara burung jenis lain,sedangkan untuk cendet yang bisa bersuara maksimal adlah cendet jantan. Kicau mania juga lebih banyak membawa cendet jenis kelamin jantan ke festival lomba burung berkicau di bandingkan betina.

Berikut perbedaan cendet jantan dan betina yang bisa di gunakan kicau mania saat sedang memilih trotolan yang di persiapkan untuk festival lomba burung. Cendet jantan memiliki paruh yang lebih tebal di bandingkan dengan cendet betina. Dari ujung kepala hingga tengkuk memiliki bulu dengan warna hitam yang pekat sedangkan untuk cendet betina warna hitam pada bulu kepalanya cenderung memudar. Bulu hitam yang terdapat di bagian pipi cendet jantan juga lebih pekat di bandingkan dengan bulu yang terdapat di pipi betina. Perilaku cendet jantan tentu saja lebih agresif di bandingkan dengan cendet betina. Bentuk kepala pada cendet jantan cenderung datar dan ceper sedangkan untuk betina cenderung bundar dan menggelembung.

Supit pada jantan lebih kecil dan panjang dengan bulu yang tidak beraturan sedangkan pada betina supitnya lebih beraturan dan lebih bagus terlihat seperti bunga. Yang paling mudah untuk membedakan cendet yang masih trotolan adalah untuk jantan di bagian ekornya memiliki bulu yang hitam pekat sedangkan untuk betina hitamnya lebih samar-samar. Cukup mudah membedakan cendet betina dan jantan, hanya memerlukan ketelitian saja saat membeli karena rata-rata perbedaannya ada pada bulunya. Setelah membeli trotlan dan dapat di pastikan itu berjenis kelamin jantan segeralah lakukan pola perawatan yang benar agar cepat gacor.

Ebod Joss adalah vitamin burung yang bisa merangsang agar burung cepat gacor, Ebod Joss juga bisa di berikan untuk trotolan untuk melatih pernafasannya agar bisa segera gacor. Pemberian Ebod Joss saat burung akan di lombakan juga bisa di lakukan dua hari sebelum lomba. Untuk hasil yang maksimal bisa melihat aturan pakai yang ada di dalam kemasan. Pastikan berikan sesuai takaran dan dapatkan Ebod Joss di kios terdekat. Orbitkan burung bisa di lakukan ketika trotolan selain harga trotolan yang murah jika berhasil koncer tentu akan menjadi keuntungan karena akan di bandrol dengan harga mahal. (Dicky Agustus 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login