Melihat Secara Langsung Penangkaran Terbesar Jamal Mandiri BF Cirebon + Video

Indukan Juara Serta Menghasilkan Terahan Berkualitas

Mediaronggolawe.com – Sahabat Ronggolawe dan seluruh kicau mania di Nusantara kembali lagi kita berjumpa di pembahasan artikel saya yang ke sekian kalinya. Kali ini saya akan membahas sedikit ulasan tentang sebuah penangkaran Burung Jenis Murai Batu terbesar di Kota Cirebon bernama Jamal Mandiri Bf. Sebuah penangkaran yang dimiliki oleh Bapak H Jamaludin Nawawi S.Sos ini sudah berjalan cukup lama. Selain itu beliau pun pada saat ini menjabat sebagai Ketua Umum DPW Ronggolawe Nusantara Kota Cirebon. Memiliki banyak indukan langsung yang diambil dari Eks Burung lapangan menjadikan terahan dari Jamal Mandiri Bf banyak diburu oleh para pecinta Burung si Ekor Panjang.

Memiliki 65 pasang di penangkaranya dengan rata-rata hampir 40 Ekor perbulan yang dihasilkan dari setiap indukan merupakan salah satu jumlah yang cukup besar. Lokasi yang strategis serta luas membuat Murai Batu di penangkaran Jamal Mandiri terlihat lebih segar untuk proses kawin, karena hampir semua Terahan yang dihasilkan selalu besar oleh Indukanya sendiri di kandang, tanpa ada sedikitpun tangan manusia dengan cara lolohan. Hal itupun sangat berdampak positif untuk Burung Murai Batu nantinya, karena bisa lebih aktif juga ngotot pada saat bertarung dilapangan.

Bapak H Jamal pun merupakan salah satu pengusaha Muda yang cukup sukses di Kota Cirebon, meskipun waktunya yang selalu sibuk untuk pekerjaanya namun Bpk H Jamal selalu menyempatkan waktu untuk menengok secara langsung perkembangan dari Penangkaran Murai Batu miliknya. Sifat yang sopan santun,ramah tamah dan selalu merangkul kalangan muda membuat Bpk H Jamal sangat disegani oleh seluruh kicau mania di Wilayah Kota Cirebon.

Berikut ada beberapa nama Burung Indukan yang paling disorot yang bernama Yakuza. Burung Eks lapang yang sangat berkualitas karena berbagai macam prestasi telah di torehkanya dengan raihan gelar Juara di setiap event membuat Terahan Yakuza banyak diburu oleh kicau mania di seluruh Nusantara. Predikat Juara di Ajang paling bergengsi Piala Raja-Piala Ronggolawe-BNR dan yang lainya menjadikan terahan Yakuza sangat ditunggu-tunggu oleh para pemesan, wajar saja bandrol yang ditawarkan pun cukup lumayan besar, namun kepercayaan kicau mania terhadap kualitas yang dihasilkanya tidak meilhat terhadap harga yang ditawarkan, anakan dari Yakuza selalu sold out pada para pemesan setiap bulanya.

Kali ini saya akan menjelaskan langsung tentang cara pemberian pakan-perawatan juga kebersihan lingkungan di penangkaran Jamal Mandiri Bf. Untuk pakan beliau mempercayakan kepada Prodak Ebod Jaya bernama Voer Ronggolawe dan Ebod Breeding, karena kebutuhan vitamin serta nutrisi untuk burung sudah tersedia lengkap di dalam Prodak Voer Ronggolawe. Tambahan extra fooding seperti Kroto yang habis hampir 1 Kg per harinya juga Jangkrik hampir 5 Kg per harinya membuat kebutuhan makanan dari setiap burungnya terjaga komplit, untuk masalah kebersihan air yang di berikan pada bak mandi di dalam sangkar umbaran selalu diganti setiap harinya supaya Burung terlihat lebih segar, selain itu beberapa pohon sengaja di pasang untuk terlihat seperti di alam liar dengan pepohonan yang rindang.

Terimakasih telah menyempatkan membaca artikel tentang penangkaran Murai Batu Jamal Mandiri Bf Cirebon, untuk kicau mania bila ingin memesan secara langsung bisa datang ke Lokasi penangkaran di Wilayah Kota Cirebon ataupun pemesanan via kontak di nomor : 087739000993 sekian dan terimakasih, Salam Ronggolawe. (Dicky Mei 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login