Mbah Dasimin Masih Bergelimpung Di Breeding Ekor Hitam Trotolannyapun Laris Manis

 

Ronggolawe Breeding– Mbah Dasimin adalah salah satu nama yang sudah cukup kondang di mata kicau mania Cilacap dan sekitarnya, selain berprofesi sebagai juri, Mbah Dasimin juga sebagai peternak murai batu yang ulung. Betapa tidak, tanpa ada keraguan Mbah Dasimin tergolong salah satu Breeder yang berhasil mengembangbiakan murai batu Nias atau ekor hitam. Banyak peternak yang mengkarkan murai jenis ekor panjang, namun Mbah Dasimin justru tertarik mengembangbiakan ekor hitam untuk beliau tangkarkan. Hal ini memang beliau lakukan karna melihat masih sedikitnya peternak ekor hitam di wilayah Cilacap, karna sebagian besar menangkarkan jenis murai ekor putih atau panjang.

Memang sih indukan yang dimilikinya belaum sebanyak para breeder lainnya, namun Mbah Dasimin merasa sangat bersyukur, ketika sebagian besar indukannya berhasil menetaskan anakan trotol, karana tergolong peternak murai ekor hitam yang sudah cukup lama, ternyata anakan hasil Mbah Dasimin sudah ada yang berhasil moncer di atas gantangan. Dalam kesehariannya semua indukan Mbah Dasimin memang hanya diberi pakan Voer Ronggolawe dengan jangkrik saja, namun Mbah Dasimin juga rajin memberikan Ebod Breeding setiap dua hari sekali, Mbah Dasimin selalu meneteskan Ebod Breeding sebanyak 6 tetes kedalam cepuk minum indukan muarai ekor hitam.

Untuk pemberian Ebod Breeding, Mbah Dasimin selalu rutin dua hari sekali, berhenti hanya ketika indukan sedang meloloh anakan, nah saat indukan sedang meloloh anakan Mbah Dasimin lamngsung memeberikan Ebod Vit kedalam air minum indukan dan langsung diberikan sebanyak 3 tetes ke anakan murai, hal ini beliau lakukan agar semua indukan dan trotolannya terhindar dari penyakit yang sewaktu-waktu bisa melandanya. Ebod Vit memang sangat berpengaruh besar pada burung yang masih trotol, selain Mbah Dasimin Ebod Vit juga banyak digunakan oleh beberapa  breeder lainnya untuk di berikan kepada anakan murai.

Karna anakan murai batu Mbah Dasimin selalu sehat dan terwat dengan benar terkadang Mbah Dasimin sampai kewalahan menerima orderan anakan hasil penangkaran Mbah Dasimin, meskipun jenis yang di tangkarkan oleh Mbah Dasimin adalah jenis ekor hitam, namun ternyata peminatnya cukup banyak juga. Mbah Dasimin juga salah satu peternak asal Sidareja Cilacap yang selalu setia menggunakan Voer Ronggolawe untuk seluruh indukan, bahkan Voer Ronggolawe haluspun kerap beliau sediakan untuk di berikan kepada trotolan ketika sudah diangkat dari sarang. Kandungan Nutrisi dan Vitamin yang terdapat pada Voer Ronggolawe halus sangat pas diberikan kepada anakan murai yang masih berumur mingguan.

Kandungan Anti Oksidan yang terdapat pada Voer Ronggolawe kasar maupun Voer Ronggolawe halus sangat berguna bagi anakan murai batu, karna di usianya yang masih dini, penyakit akan mudah sekali datang, maka dari itu Voer Ronggolawe dengan Ebod Vit sangat perlu digunakan untuk anakan murai batu, seperti halnya Mbah Dasimin, yang selalu sukses membesarkan dan menjual anakan murai dengan kondisi yang sehat dan sempurna. Sampai saat ini Mbah Dasimin masih menjual anakan murai hasil tangkarannya di angka 2-3 juta Rupiah saja.

Banyaknya permintaan anakan hasil tangkaran Mbah Dasimin membuat Mbah Dasimin terkadang kewalahan menerima pesanan, sampai saat ini indukan Mbah Dasimin memang belum tergolong banyak, namun Mbah Dasimin berniat untuk terus menambahkan beberapa indukan untuk beliau tangkarkan, kepada awak Media Ronggolawe.com, Mbah Dasimin juga berencana untuk menagkarkan Jalak Suren. Selain kesukaanya kepada murai elor hitam, ternyata Mbah Dasimin juga sangat menyukai burung  jalak suren, maka dari itu Mbah Dasimin akan mulai menggeluti jalak suren untuk di tangkarkannya.

“Alhamdulilah meskipun hanya baru 6 kandang, tapi sebagian besar sudah produk semuanya, tidak ada rahasia yang terlalu di umpet-umpetin, saya Cuma pakai Voer Ronggolawe dengan Ebod Vit serta Ebod Breeding saja, Alhamdulilah sampai sekarang jalan. Paling ya berenti kalau ada yang mabung saja, jika kondisi normal Alhamdulilah sering panen. Kadang-kadang saya sampai kewalahan menerima pesanan juga, untuk sekarang ini melayani lokal saja sudah kewalahan, saya memang mengutamakan pesanan lokal dulu, sambil melihat-lihat hasilnya kalau udah siap di tarungkan saya kan bisa langsung pantau dari dekat.”Tutur Mbah Dasimin saat ditemui di sela-sela kesibukannya saat memberi pakan kepada seluruh indukannya. (Jefry/18/jan/17)

Jika Breeding dan Burung Jawara anda ingin Exsis atau diliput langsung oleh awak Media Ronggolawe.com, bisa menghubungi Mr Jefry di No Tlp: 082313349777, atau melalui BBM: D0D4F047, atau melalui FB: Jeffry Marant Ronggolawe. Atau bisa menemuinya saat sedang bertugas meliput.


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login