Kunci Perawatan Melani Juara Bertahan Kelas Bebas Aksi Berdurasi 2 Menit

Mediaronggolawe.com – Sudah beberapa minggu ini jagoan lovebird milik Odon yang bernama Melani ( Kwitang Sf ), merajai kelas lovebird bebas aksi di Arcici Bird Contest DPC Ronggolawe Nusantara Jakarta Pusat, dan juga di beberapa Eo yang berada di Jakarta. Karena memang hampir setiap hari Melani diturunkannya, yang dikawal langsung oleh pemilik lama Melani sekaligus, mekanik Melani Didi Saputra. Sebenarnya Melani ingin sekali main dikelas lovebird biasa, akan tetapi banyak kontestan yang tidak memperbolehkan Melani bermain, dengan terus menerus dialami seperti itu, Didi Saputra selaku mekanik Melani sadar diri, untuk menurunkan Melani dikelas lovebird bebas aksi.

Memang kualitas yang dimiliki Melani sangat luar biasa, karena Melani sekali narik ngekek bisa  tembus hingga sampai 2 menit, bahkan terkadang Melani hanya sekali narik saja bisa sebagai juara 1. Mungkin faktor inilah juga, yang membuat Melani sering sekali tidak diperbolehkan untuk bermain dikelas lovebird biasa. Menurut Didi Saputra, kelas bebas aksi sebenarnya, kelas lovebird yang paling sulit untuk ditaklukan dan sangat berat, mengapa sulit ditaklukan dan berat, ya memang untuk saat ini kelas lovebird bebas aksi, hampir semuanya dihuni oleh lovebird – lovebird yang lagi trand saat ini, ialah lovebird konslet. Jadi bukan burung rusak yang berada dikelas lovebird bebas aksi, tapi burung – burung berkualitas, mungkin kalau dulu sebelum adanya lovebird konslet, bisa dibilang kelas lovebird bebas aksi, kelas burung – burung rusak atau nakal mainnya. Tapi tidak untuk saat ini.

Dan memang untuk lovebird konslet saat ini, banyak Eo di Jakarta maupun di Indonesia, tidak memperbolehkan lovebird konslet untuk bermain dikelas biasa, dikarenakan lovebird yang sifatnya fighter tidak bisa menguber point lovebird konslet, karena burung konslet, burung yang asik sendiri, super gacor, dan tidak ada kata lelah dan letih. Faktor ini juga yang membuat semua burung konslet harus diturunkan dikelas lovebird bebas aksi.

Bio Konslet. Produk terbaru dari Ebod Jaya, yang terbuat dari bahan – bahan alami, seperti minyak yang dihasilkan dari buah merah dan ditambah dengan berbagai macam vitamin yang sangat komplit. Bio Konslet bermanfaat sebagai berikut, membuat lovebird tampil sangat gacor, stamina lovebird tidak ada habisnya, membuat burung gesit menjadi jinak, dan juga Bio Konslet dapat membuat metabolisme lovebird menjadi lancar, atau tanpa gangguan. Untuk cara pemakaian Bio Konslet sendiri, 4 – 5 tetes dicampurkan kepada air minum burung, atau juga bisa diteteskan langsung kepada paruh lovebird, sebanyak 2 -3 tetes Bio Konslet.

Dan Didi Saputra juga berkata, untuk bisa masuk juara 5 besar saja dikelas lovebird bebas aksi itu sudah sangat bangga, apalagi bisa menjadi juara 1 dan bisa sebagai juara bertahan, itu menjadi kebangga tersendiri bagi Odon selaku pemilik Melani dan Didi Saputra selaku mekanikdan pemilik lama Melani. Didi Saputra juga memberikan perawatan Melani, dari mulai perawatan harian hingga perawatan lomba.

Dan untuk perawatannya Melani :

  • Perawatan Melani sangatlah mudah dan simple sekali. Melani setiap hari tidak dimandikan dan hanya dibersihkan sangkarnya saja, dan pergantian makanan utama Melani berupa millet putih ( Milltih ), serta air minum diganti dengan yang baru, ritual penjemuran juga tidak dilakukan.
  • Kenapa harian tidak dimandikan Melani, beliau mengatakan. Sifat mandi bagi lovebird itu, sebenarnya ada sebagai menaiki birahi lovebird dan ada yang juga sebagai penurun birahi lovebird, pada umumnya banyak lovebird mania, manfaat mandi itu untuk menurunkan birahi lovebird, tapi itu semua tergantung karakternya. Jadi jika Melani dimandikan, Melani akan menjadi birahi, dan sangat gacor sekali, jadi itu membuat stamina Melani habis dirumah. Alasan itulah yang membuat beliau tidak memandikan Melani diperawatan harian.
  • Dan untuk perawatan lomba Melani, semua dilakukan di area lapangan perlombaan. Kali ini baru Melani dimandikan dan jemur dilapangan, seperti yang saya tadi bilang, Melani jiak dimandikan akan birahi, jadi fungsinya mandi dan dijemur dilapangan, agar birahi Melani naik saat dilapangan. Memang burung butuh birahi untuk bisa tampil, tapi tidak terlewat batas, dan setelah bulu Melani kering, Melani ditambah extra fooding berupa kangkung, porsinya hanya 1 batang saja. Pemberian kangkung untuk Melani, agar Melani dapat lebih tenang saat bertanding, dan juga agar durasi panjang Melani keluar.

Hanya seperti itu saja perawatan Melani, dan durasi Melani hingga bisa 2 menit, itu didapat dari masteran sejak kecil, dengan diperdengarkan suara lovebird panjang, dan juga suara variasi burung lainnya, seperti cililin, cucak jenggot, kenari dan tengkek buto, jadi lagu Melani nyambung menyabung, dan bisa tembus 2 menit. Semoga saja minggu depan Melani dapat mempertahankan gelarnya, sebagai juara bertahan kelas bebas aksi di beberapa Eo yang berada di Jakarta. ( Bayong6 / September 2017 ).


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login