Kisah Nyata Ibu Rumah Tangga Sukses Orbitkan Anis Merah Teler Juara Nasional + Video

 

Bogor. Kota kecil yang menyimpan sejuta cerita. Salah satu cerita menarik yang berhubungan dengan dunia hobi burung ternyata ada Ibu Rumah Tangga yang sukses merawat burung. “Perawatannya mudah dibandingkan dengan Pleci, Lovebird ataupun Murai. Kebetulan anak saya Arya baru 3 bulan. Jadi saat anak saya tidur pagi baru bisa merawat Sukhoi,” ungkap Teteh Ika perawat Anis Merah ketika dijumpai Pewarta Ronggolawe saat mengikuti lomba burung berkicau Mahakarya Indonesia EBOD JAYA 2015 di Gedung Kesenian Pemda Bogor beberapa saat lalu.

Prestasi mengagumkan bisa ditorehkan oleh ibu muda manis yang berlesung pipit ini. Terbukti di Kelas Anis Merah EBOD JOSS, Sukhoy bertengger jadi Juara Satu. “Sukhoy enak dirawatnya dan tidak banyak permintaannya. Sepertinya mengerti dengan kesibukan saya mengurus anak. Perawatan hariannya tanpa Jangkrik dan Ulat Hongkong. Hanya Voor hijau dan buah-buahan seperti Pepaya dan Pisang,” kata Teteh Ika.

Catatan prestasi Sukhoi dalam bulan September 2015 ini adalah  pernah bertengger di urutan ke 2 dan 3 dalam Gelaran BnR: Gubernur Jabar Cup II 2015. “Bahkan sebelumnya juga pernah berprestasi di Piala Presiden,” kata Teteh Ika yang mengutarakan bahwa sebelumnya Sukhoi merupakan hibah dari kakaknya, Tommi.

Sahabat Ronggolawers. Tak berlebihan memang Anis Merah termasuk burung yang manja. Secara psikologis burung tersebut selalu menganggap perawatnya sebagai pasangannya. Tak heran, biasanya dalam setiap lomba biasanya Joki lapangan yang menggantangkan Anis Merah adalah orang yang tidak berhubungan dalam perawatan harian burung tersebut.

Perawatan mudah dan tidak terlalu mahal menambah senang Teteh Ika dalam merawat Sukhoi. Voor hijau harus tersedia dalam menu makanan harian Sukhoi disertai tambahan Pepaya yang mempunyai kandungan serat tinggi untuk melancarkan pencernaan dan kandungan Vitamin C yang tinggi bisa meningkatkan daya tahan tubuh Sukhoi.

Saat disinggung bagaimana mengatur waktu antara mengasuh anak dan merawat Sukhoi? Sambil tersenyum Teteh Ika menjelaskan,” Sesudah anak saya tidur biasanya mulai jam 8 pagi, Sukhoi dimandikan sampai puas basah kuyup. Kemudian dijemur di depan teras rumah sampai jam 10 pagi. Setelah dijemur, karena Anis Merah termasuk burung yang cepat bosan makanya dimasukkan ke kandang umbaran. Selain bikin stamina lebih prima, merangsang suaranya agar lebih panjang juga untuk mengontrol birahinya agar tidak nakal,” kata Teteh Ika yang setiap Kamis menjadi Petugas Tiketing Family Enterprise di Lapangan KKC Ciluar Tanah Baru Bogor.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan burung kesayangan kita. Sediakan selalu Shampoo Burung JATIJAJAR produk dari EBOD JAYA. Produk multifungsi yang mempunyai kandungan Desinfektan ampuh untuk membunuh kuman dan kutu burung yang menempel di bulu-bulu burung serta kerodong dan sangkar.

Jangan lupa Subscribe Youtube: RONGGOLAWETV Channel. Semua liputan terangkum dalam bentuk audio visual lebih nyata dan lebih dekat. Atau Ingin dibuatkan video dokumentasi breeding, burung jagoan atau profil Bird Club bisa menghubungi Brandy di SMS 085717969666 atau Facebook: Om Ronggo /Brandy 36


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login