Kenari Jeruk Purut Punya Kualitas

Mediaronggolawe.com – Pada bulan bulan agustus ini cuaca sering tidak menentu, perubahan yang cepat berubah ini berpengaruh pada perawatan burung khususnya pada burung kenari. Anomali cuaca ini diikuti dengan minimnya burung kenari menerima sinar matahari akibat angina dan mendung tersebut. Akibatnya sejumlah pemain kicauan harus bersiasat mencari alternative, agar performa burung andalan tetap pada titik performansnya.

Sinar matahari mempunyai manfaat yang sangat besar sekali bagi kesehatannya, seperti membakar lemak, menjaga birahi burung, membunuh kuman dan lain lainnya. porsi yang besar dalam menjaga stabilitas performa di lapangan. Tak terkecuali kenari, burung pemakan biji-bijian yang belakangan pamornya beranjak naik lagi.

Menurut penggemar kenari, burung kenari tidak terlalu membutuhkan porsi penjemuran sinar matahari terlalu lama. Akan tetapi, penjemuran buat kenari tetap memiliki peranan penting dalam mendongkrak birahinya. “Bila dilihat dari durasi penjemuran kenari, memiliki perbedaan dengan jenis kicauan dari kawasan tropis seperti cendet, kacer atau murai batu. Kendati demikian, bila kenari kurang jemuran juga kurang bagus. Karena birahinya enggak bisa keluar, ” ungkap Fredy, salah seorang pemain kenari Jember. untuk menyiasati para kenarimania menghadapi perubahan cuaca seperti itu. . Diantaranya dengan burung dimasukkan pada kandang umbaran, dipasar banyak kios kios yang menjual kandang umbaran yang bermacam macam bentuknya tinggal kita yang memilih sesuai selera kita. dengan mmemasukkan burung di sangkar umbaran membuat burung terbang dengan bebasnya, membuat otot sayap dan dada jadi lebih baik serta melatih pernafasan. serta usahakan burung jangan dipaksakan untuk terbang, sebab ini akan menyebabkan burung akan drop.

Menu pakan yang biasa dikonsumsi kenari memiliki kandungan yang dapat meningkatkan birahi tarung. Antara lain telur puyuh, kroto dan apel. Kandungan di dalam ketiga ekstra fooding tadi diyakini ampuh untuk mendongkrak birahi. Cocok diberikan ketika burung mengalami kurang jemuran.

Berikan setiap hari telur puyuh dan apel yang segar pada kenari. Kroto bisa diberikan menjelang lomba. Kurangi sayuran yang kandungannya dapat menurunkan birahi. “Usahakan sayur yang kandungannya dapat menurunkan birahi tidak diberikan dulu. Seperti selada, sawi hijau dan gambas. pola perawatan ini khusus digunakan disaat kondisi burung dalam keadaan kurang jemuran. Bila cuaca sudah normal lagi, maka pola perawatan kembali ke rawatan semula.

Lantas bagaimana dengan mandinya? Untuk yang satu ini sebaiknya tetap dilakukan. Karena, meski burung kurang jemuran tetap membutuhkan mandi. Dari mandi, pemain kenari juga bisa mengetahui kesiapan gaco tampil di lapangan. Usahakan untuk membiasakan mandi kenari dengan wadah cepuk. Serta juga di semprot yang air nya sudah diberi dua tutup botol Shampoo JATIJAJAR yang besar sekali manfaatnya buat membasmi kutu kutu serta parasite yang merugikan bagi kesehatan burung. serta jangan lupa krodong juga tidak luput dari bilasan Shampoo JATIJAJAR agar memutus mata rantai kehidupan kutu serta tungkau dan bakteri yang merugikan. pakan harian memakai Ebod canary yang kaya akan nutrisi, extra sayur, buah buahan, biji bijian yang diimport dari Canada

Perawatan cara ini bisa dilakukan mulai Senin hingga Kamis. Bila akan dilombakan Minggu, maka mulai Jumat gacoan sudah dimasukkan lagi ke sangkar lomba. Sejumlah menu khusus lomba pun bisa diterapkan. “Pola perawatan menjelang lomba sudah bisa dilakukan H-2 menjelang lomba”.

Bila kenari masih terlihat belum bertenaga, bisa mengonsumsikan Ebod Joss multivitamin yang diproduksi Ebod Jaya. Lima tetes dicampur ke dalam air minum dapat memberikan efek pada tenaga kenari yang masih terlihat loyo. Lakukan lima hari berturut-turut dan hentikan bila burung sudah dalam kondisi top form.

dengan pola perawatan seperti ini maka pemain kenari tak perlu khawatir apabila sang gacoan mengalami kurang jemuran. Dengan cara ini pula performa besutan tetap pada titik puncak ketika tampil di lomba. (mudm/10 /08/2017 )

Bagi sahabat ronggolawer’s yang gaco maupun breedingnya mau diulas dimediaronggolawe. com bisa menghubungi Nomer Telp atau WA 0813366755


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login