Kawinkan, Merupakan Cara Tepat Turunkan Over Birahi Pada Kacer

Mediaronggolawe.com – Memiliki kacer yang mudah birahi sampai over birahi memang harus sabar, karena untuk menurunkan birahinya menjadi stabil tidak ada cara yang instan. Perlu perjuangan, kesabaran dan ketelitian. Kacer yang over birahi cenderung prustasi, sikapnya akan berubah drastic menjadi galak dan tidak mau berkicau. Tentu saja kondisi begini, merupakan kondisi yang tidak menguntungkan untuk kacer di gantangkan di festival lomba burung berkicau. Alih-alih juara kacer malah akan drof mental dan ngebagong. Kacer yang over birahi seolah menjadi mimpi burung untuk kacer mania, nafsu makannya akan menurun dan akan menjadi lebih pendiam, sering loncat di tenggeran tapi juga lebih agresif jika melihat lawannya.

Mengenal karakter kacer sangat penting dalam penanganan over birahi, pertama yang harus dilakukan saat kacer over borahi adalah stop pemberian extra fooding (EF). Extra fooding bisa memberikan protein untuk kacer, pemberian extra fooding justru juga bisa menjadi penyebab kacer over birahi. Maka dari itu stom pemberian extra fooding jika kacer sedang dalam masa over birahi. Kacer yang sedang over birahi sebaiknya di isolasi, di jauhkan dari jenis burung lainnya dan di kerodong jika di malam hari. Tetapi jika di pagi hari sebaiknya embunkan, udara pagi hari akan membuat suhu tubuh kacer menjadi dingin sehingga bermanfaat untuk menurunkan birahinya.

Kacer yang over birahi juga bisa di sebabkan oleh banyaknya energy yang tida tersalurkan, kacer mania harus menyadari bahwa semua burung yang di rawat asal muasalnya  dari alam dan sering terbang bebas. Kelebihan energy dan hanya di kruung saja di sangkar kecil juga akan menyebab kacer over birahi, jadi cara mengatasinya bisa dengan lebih sering mengumbar kacer di kandang yang lebih besar atau kandang umbaran. Pengumbar kacer selain bisa membuat kacer olah raga juga bisa memperbaiki pernafasan kacer. Gunakan Voer Ronggolawe untuk pakan harian kacer, komposisi yang terkandung dalam satu kemasan Voer Ronggolawe cukup untuk membuat kacer memiliki tubuh yang sehat.

Jika cara diatas sudah dilakukan untuk menurunkan kacer dan tidak juga berhasil, maka solusi terbaiknya adalah mengkawinkan kacer. Over birahi juga di sebabkan karena kacer sudah harus di kawinkan untuk membuang birahinya. Mengkawin kacer juga menjadi keuntungan untuk kicau mania, karena selain birahinya tersalurkan kacer juga bisa sekalian di breeding. Meski sulit breeding kacer dan jarang ada yang berhasil tapi jika di kawinkan dengan betina yang sudah siap di buahi maka bukan tidak mungkin akan menghasil telur dan meneteskannya. Birahi kacer tersalurkan dan siap untuk gantang, nambah juga baby kacer trah berikutnya. (Dicky Agustus 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login