Kacer Baladewa Milik Mahfud Alkaida

Jember, Mediaronggolawe.com – Kelas kacer khususnya di Jember saat ini bangkit dan harus waspadai. Pasalnya, Mahfud yang sudah banyak dikenal kicau mania Kacer jawara kini muncul dengan Gaconya. Sudah cukup lama sangat suka dengan burung kacer ini. disela sela kesibukannya yang sangat padat dia masih menyempatkan untuk bersilahturrahmi dibeberapa gantangan, seperti di Gantangan FD Bc Sumuran. sungguh sangat tidak terduga bahwa kelas kacer di FD Sumuran akan bangkit lagi dengan berdatangnya beberapa gaco yang sering malang melintang di kancah perburungan jember dan sekitarnya. latberan rutin yang diadakan setiap hari Jum’at jam 14. 00.

Ini sungguh meriah, mulai dari kelas Lovebird, cucak ijo, kenari, murai batu serta kacer. kelas kacer merupakan kelas yang ditunggu oleh para sahabat ronggolawer’s. mungkin adalah akan bangkitnya masa kejayaannya. pertarungan dikelas ini sungguh sangat mengagumkan saling jual materi lagu serta gaya yang bisa membius para peserta serta penonton yang ada dipinggir pagar gantang disore itu. mahesa tidak memberi kesempatan pada rifal lainnya untuk meraih posisi teratas dikelas kacer tersebut. irama lagu yang dibawakan mahesa sungguh sempurna dengan gaya gedornya dari awal sampai akhir waktu yang ditentukan dia memberi pertunjukan yang sangat membuat kagum para juri yang bertugas waktu itu dan keputusan dari para juri mahesa memperoleh bendera koncer A mutlak dari semua juri yang bertugas. ternyata dibalik kehebatan daya gedor mahesa didapat dari Ebod Stroong yang diberikan satu jam sebelum naik digantangan, Ebod Stroong merupakan Jamu alami yang dibuat oleh para ahli dibidangnya dengan di proses mesin modern, yang terjamin kehigenisannya membuat suara burung lebih mengkristal, tampil lebih ngotot, bertenaga.

Sedang rawatan hariaanya Baladewa dikeluar dari ruangan sekitar jam 05. 00. untuk memperoleh udara yang masih mengandung embun yang sangat baik bagi kesehatan pernafasan burung. sekitar jam 06. 00. Baladewa harus mandi dikramba yang air mandi diberi Shampoo Jatijajar sebanyak dua tutup botol, dengan pemberian Shampoo Jatijajar dua minggu sekali akan membuat bulu burung terbebas darikutu yang sangat identic dengan burung kacer, Shampoo Jatijajar bukan hanya membasmi kutu kutu, tungkau maupun bakteri yang lain tapi juga membuat bulu lebih berkilau karena mengadung lidah buaya. makanan pokok hariaanya Baladewa Voer Ronggolawe yang kaya akan nutrisi, mineral, vitamin serta mengandung ANTI Oksidan, yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mencegah burung dari sakit. serta extra fooding jangkrik 5 ekor diangin angina sekitar lima belas menit agar bulu yang sudah diberi Shampoo Jatijajar tidak terkena sinar matahari langsung. setelah agak memal baru dijemur sampai jam 10. 00. kita angkat ditaruh ditempat teduh agar mata beradaptasi dengan lingkungan serta mencegah mata terkena katarak. sebelum burung masuk dalam ruangan air minum diganti dengan yang baru, yang sudah diberi lima tetes Ebod Vit, Ebod Vit merupakan vitamin yang sangat banyak sekali manfaatnya bagi burung, menambah nafsu makan, memenuhi vitamin yang tidak didapat pakan makan harian lainnya, mencegah burung dari strees akibat perubahan cuaca yang tidakmenetu.

Kebersihan kandang juga selalu diperhatikan oleh Mahfud. Dengan kandang yang bersih, membuat burung terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri. Selain itu pemberian air minum yang bersih juga tak luput dari pantaunnya. Dengan tambahan pemberian Multivitamin Ebod Vit yang menjadikan Garis Keras selalu stabil kondisinya serta rajin bunyi.

Untuk setting dilapangan biasanya sekitar 2 sesi sebelum digantang, Baladewa diberikan jangkrik 5 ekor. Pola rawatan diatas adalah rawatan harian dan lomba yang sudah diterapkan pada Baladewa. Untuk mencari settingan yang benar atau tepat, acuannya adalah melihat perform Kacer saat di lapangan. Kalau performanya bagus, berarti Kacer merasa nyaman, sehingga settingan bisa dibilang sudah benar atau tepat. Dan hal tersebut hanya dapat diketahui oleh orang yang setiap hari merawatnya, entah pemilik atau perawatnya.

Semoga rawatan tersebut dapat menambah ilmu buat Sobat Ronggolawers. Dan semoga gacoan dari Sobat Ronggolawers juga dapat berprestasi sebagaimana yang sudah diperoh Kacer Baladewa. (Mudm/16/08/2017)

Bagi sahabat ronggolawer’s yang gaco atau breedingnya mau diulas dimediaronggolawe bisa menghubungi nomer Telp atau WA 081336613755


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login