Cara Menangani Burung Sakit

Terjadi banyak kesalahan dalam mengatasi burung yang sakit dan juga mendeteksi penyakit pada burung, di artikel sebelumnya sudah di bagiakan cara untuk mengetahui burung yang sakit. Kali ini di artikel ini akan di bagiakan cara menangani burung yang sakit secara umum. Tips kali ini datang dari saya sendiri, selain saya hobi mewawancarai kicau mania dan berbagi tips untuk di bagikan di Media Ronggolawe, saya juga hobi orbitkan burung berkicau yang juaraan di gantangan. salah mendeteksi burung adalah hal yang paling riskan karena akan mengakibatkan burung kesayangan anda mati. Tidak bisa di bayangkan rasa sakit hati dan menyesalnya jika mengetahui amunisi kesayangan ternyata sudah berada di bawah sangkar dengan kondisi mati.saya pernah mengalami ini beberapa kali, faktor utamanya adalah salah penanganan ketika burung sakit. Jadi kali ini akan di bagikan tips menangani burung sakit secara umum. Contoh simple kesalahan mendeteksi burung sakit adalah ketika matanya bengkak mungkin anda akan menganggap bahwa burung anda terkena kotoran cuaca sehingga langsung di berikan obat tetes mata, padahal mungkin saja bahwa burung kesayangan anda justru terkena snot.

burung yang terkena snot bisa langsung diberikan Ebod Snot agar kembali pulih. Ebod Snot dari Ebod Jaya sengaja di produksi oleh Ebod Jaya agar mempermudah kicau mania dalam menyembuhkan amunisi kesayangan saat terkena snot. Cara pertama menangani burung sakit adalah kenali gejala penyebab sakitnya. Pastikan pakan yang di berikan dalam keadaan bersih dan berikan pakan yang baru jangan sampai pakan terkena kotoran burung. Ganti airnya dan berikan vitamin burung. Biasanya burung sakit meski lemas tapi akan banyak minum, mengobati burung dari airnya sangat berfungsi. Pastikan kebersihan sangkar burung, jangan sampai ada rayap yang justru memperburuk kondisi burung anda. Jangan dimandikan dulu dan jangan di jemur terlebih dahulu, burung sakit sebaiknya di anginkan saja dan di jemur hanya sebentar untuk menghangatkan suhu tubuhnya saja.

burung yang sedang sakit sebaiknya jangan di sembuhkan dengan menggunakan tangan, karena burung akan merasa terkekang dan frustasi yang mengakibatkan burung semakin drof. Lakukan pengobatan melalui minumannya adalah cara yang paling tepat, kecuali jika burung anda sakit luka luar anda bisa memegangnya untuk mengoleskan salep dan obat luka luar pada burung. Berikan dosis pengobatan yang benar dan sesuai aturan pakai. Jangan sampai karena ingin burung cepat sehat di berikan dosis yang terlalu banyak, pemberian dosis pengobatan yang berlebihan pada burung justru akan mengakibatkan burung anda frustasi dan malah semakin drof mentalnya. (Rexa42/September2017)

Burung jagoan anda juara? Atau Breeding anda ingin diPosting di www.mediaronggolawe.com bisa langsung hubungi di no Telp: 089698712262/081224167426
FB: Rexa Ronggolawe
WA: 089698712262
Pin BBM: D424D88E

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login