Burung Parkit Sangat Bagus Buat Master Segala Jenis Burung

 

Sahabat Ronggolawer’s banyak burung koncer di lapangan latber / latpres / event nasional tidak luput dari peran master sebagai dosen atau pendamping harian agar membawakan irama yang sangat beraneka macam, dan bisa dinikmati oleh telinga kita dirumah serta juga buat senjata waktu di arena lomba yang jadi pantauan para juri yang bertugas di lapangan. Maka setiap burung lomba pasti di kelilingi oleh beberapa master, diantaranya ; burung parkit, burung lovebird, cucak jenggot, cucak rawis, kapas tembak, rambatan, cililin, kenari, prenjak, kolipri ninja, sogok ontong, pelatuk sampit, pelatuk bawang dan masih banyak lagi.

Cuma yang sering atau yang merakyat di seluruh indonesia serta murah meriah adalah burung parkit, hanya cukup merogok kocek dari harga lima puluh ribu sampai seratus ribu saja, meski harga yang murah tapi bukan murahan lho, suara parkit bila masuk pada burung cucak ijo, muray batu, cendet, kacer, lovebird, sungguh bikin suara menonjol kita dengar meski suasana ramai. Rawatannya pun cukup gampang menu harian cukup miltih saja sekali kali di beri jagung muda.

Rawatan harian buat parkit agar gacor awoor awor, setiap pagi jam lima pagi burung di keluarkan agar mendapat embun pagi yang sangat bagus buat kondisi burung. Jam tujuh pagi burung di semprot halus sampai basah kuyub, yang airnya sudah kita beri Shampoo Jati Jajar untuk membasmi kutu kutu yang ada di bulu burung, sebab Shampoo Jati Jajar mengadung gemuk ikan yang bisa bikin bulu burung basah menembus bagian dalam sekalipun, semua tuntas dengan sekali semprot. Harum dari shampoo juga bikin wangi bau abek jadi hilang.

Setelah mandi burung di angina anginkan sebentar dia dedes dedes, sebelum di jemur sediakan pakan miltih dan air minum selalu di sediakan, penjemuran parkit sangat kuat sampai jam sebelas atau jam dua belas dipenjemuran parkit biasanya ngekek ngekek kadang seperti suara gereja tarung kadang suara asli parkit itu sendiri. Setelah di jemur parkit kita angina angina kan agar mata beradaptasi dengan lingkungan yang tidak panas atau silau. Sebelum burung masuk di ruangan untuk mendidik burung mascot air minum diberi lima tetes Ebod Vit, dalam seminggu diberi dua kali di selang seling dengan Ebod Joss untuk menambah kegacorannya sebagai burung master. Suara burung parkit akan di rekam dengan sempurna karena lagunya gampang di terima oleh burung mascot, itu yang di sampai para kicau mania, makanya jadi master wajib untuk mendidik burung lomba. Sore hari jam lima sore burung parkit di keluarin untuk mengganti air minum dengan air putih saja tanpa vitamin, serta di lanjtkan dengan pengebunan sore sampai jam tujuh.

Dengan memperlakukan burung parkit seperti burung mascot akan membuat gacor awor awor dalam kesehariaanya. (mud/09/11/jatim)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login