Bongkar Perawatan LB Baby Konslet Ucil Milik Om Nurul Kawakib

Mediaronggolawe.com – Kita ketahui untuk saat ini, tidak dipungkiri kelas lovebird lah yang menjadi kelas primadona, entah itu kelas lovebird balibu, kelas lovebird dewasa, kelas lovebird bursa, maupun kelas lovebird bebas aksi, pasti jumlah pesertanya ramai, dan full gantangan, dan pemandangan ini pasti kita lihat disetiap ajang festival kontes burung berkicau dimana pun itu dilaksanakan, dari mulai tingkat latber hingga nasional.

Tahun demi tahun, kualitas lovebird di Indonesia terus meningkat, dari mulai warna hingga suara, terlebih saat ini sedang lagi trand – trand nya lovebird konslet, dan lovebird ini sering bermunculan disetiap blok daerah. Dan memang lovebird konslet lah yang saat ini, kerap sekali merajai kelas sesi burung lovebird, dan juga sulit untuk dikalahkan, dengan keadaan ini para lovebird mania, beramai – ramai dan berpacu untuk membuat sebuah lovebird konslet, dengan berbagai cara dan berbagai versi. Tapi ingat burung konslet itu ialah, burung yang super gacor, hampir tanpa jeda kinerjanya, selang hanya 2 – 5 detik lovebird tersebut akan kembali ngekek, dan lovebird konslet itu, bukan lovebird yang bunyinya memejamkan mata, atau tertidur, agar semua lovebird mania pemula tidak salah dalam mengartikan lovebird konslet itu seperti apa.

Salah satunya lovebird konslet yang muncul di Jakarta ialah, lovebird baby yang bernama Ucil milik Om Nurul Kawakib ( Shibyan Crew ), baru beranjak umur 4 bulan, akan tetapi diusainya yang sangat muda, Ucil dapat menunjukan bahwa Ucil memiliki talenta yang sangat luar biasa, dan kelak pas saat dewasa nanti, Ucil akan menjadi lovebird yang dapat diperhitungkan, dijagad persaingan kelas lovebird festival kontes burung berkicau.

Memang Om Nurul Kawakib sendiri, juga seorang penangkar lovebird trah juara, dan penangkarannya beliau beri nama ( Astawana Bf ), yang berlokasikan di Jakarta. Hampir rata – rata hasil lovebird dari tangkaran beliau, konslet semua, dan sering sekali menghiasi tangga juara dikelas lovebird baby di berbagai daerah, dan salah satunya Ucil ini yang lagi sedang digarap oleh beliau. Ucil bukan pertama kali meraih juara, tapi sudah sering sekali, akan tetapi beliau terus melatih Ucil di berbagai event festival kontes burung berkicau, yang bertujuan agar Ucil bisa lebih mapan lagi.

Benar saja, saat Ucil diturunkan di Eo Arcici Bird Contest DPC Ronggolawe Nusantara Jakarta Pusat, pada hari sabtu ( 2/9/17 ). Dengan tampil bertipikal konslet, dari awal gantang Ucil langsung ngekek, dan sangat gacor, paling jeda hanya nyisir bulu atau merapihkan bulu saja, lalu Ucil pasti akan kembali ngekek, saat itu Ucil mampu meraih kemenangan double winner, dan juga menyapu bersih sesi kelas lovebird baby.

Ucil di rawat sehari – hari oleh sang mekanik yang bernama Ahmad Jazuli, menurut Ahmad Jazuli untuk soal perawtan Ucil sangat sederhana sekali.

  • Ucil sehari – hari bersama pasangannya di kandang kotak, atau kandang tangkarang.
  • Mandi pagi dan malam, dan Ucil jarang untuk dijemur hanya di angin – anginkan saja.
  • Makanan utama Ucil, hanya millet putih saja ( Milltih ), dan Ucil diberikan Ebod Vit setiap hari sebanyak 3 – 4 tetes yang dicampurkan pada air minum Ucil.
  • Memasuki H -1 perlombaan, Ucil diberikan Ebod Joss sebanyak 2 -3 tetes, cara pemberiannya hampir sama dengan cara pemberian Ebod Vit, masih tetap dicampurkan pada air minum Ucil.
  • Tiba hari H perlombaan, Ucil beserta pasangannya dipindahkan ke sangkar lomba, dan lalu dimandikan di pagi hari, lalu dijemur selama 15 menit saja, dan siap untuk berangkat lomba.
  • Disaat sampai lapangan, Ucil bersama pasangannya dibiarkan diablak saja, sambil diberikan sedikit extra fooding kangkung, dan porsinya hanya sedikit saja,.
  • 1 sesi sebelum kelas yang diikuti Ucil, Ucil dipisahkan dengan pasangannya, lalu siap meraih prestasi. Setelah selesai Ucil diturunkan, Ucil kembali digabungkan dengan pasangannya, dan apabila Ucil ingin dimainkan kembali, yang hanya dilakukan Ahmad Jazuli selaku mekanin Ucil, hanya dengan mengembunkan badan Ucil dengan air, tapi jangan terlalu basah, dan siap kembali melanjutkan sesi lainnya.

Dan Om Nurul Kawakib beserta mekanik Ucil Ahmad Jazuli, sudah bertekad bulat untuk menurunkan Ucil di event festival kontes burung berkicau tingkat nasional, dibulan ini ( September ). Dan untuk eventnya, tutur mereka berdua semua event tingkat nasional pasti Ucil diikut sertakan, asal event tersebut masih berlokasikan di Jakarta, karena untuk event diluar daerah, Ucil belum siap dalam segi umurnya yang masih sangat muda, takutnya sudah keburu lelah di perjalanan. Dan mereka berdua bukan mencari prestasi di tingkat nasional, anggap saja prestasi bonus, yang terpenting, mereka berdua ingin melihat sampai dimana kemampuan Ucil, bila bertemu lovebird – lovebird baby tingkat nasional. Kita tunggu kabar selanjutnya, dari Ucil pas disaat sudah diturunkan di event festival kontes burung berkicau tingkat nasional. ( Bayong8 / September 2017 ).


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login