Bicara Tentang Dunia Hobi Lomba Burung Dan Berbagai Permasalahanya

 

Pada dasarnya setiap Orang mempunyai minat mereka tersendiri, minat itu sendiri sudah tentu merujuk pada hobi, apa itu hobi yang sebenarnya?

Hobi merupakan serangkaian aktivitas yang berfaedah, umumnya hobi di lakukan pada waktu luang dan mampu memberikan ketenangan serta kepuasan jiwa terhadap seseorang, hobi tidak boleh di paksa-paksa, tidak boleh di jual belikan, tidak di nafikan juga hobi di lakukan mengikut seseorang berdasarkan peredaran masa, akan tetapi perlu di tekankan bahwa selagi aktivitas tersebut memberikan ketenangan dan kepuasan itulah makna hobi yang sesungguhnya.

Membicarakan tentang berbagai permasalahan dunia hobi lomba burung di Indonesia tentu tidak akan ada habisnya dan mungkin membutuhkan energi yang tidak sedikit untuk sekedar menemukan solusinya, hampir setiap hari para penghobi burung berkicau di Tanah Air mendengar berbagai pemberitaan mengenai permasalahan lomba burung, mulai dari padatnya jadwal lomba burung berkicau yang erat kaitannya dengan penangkaran & perawatan burung, hingga sistem/pakem penilaian di sebuah perlombaan yang kerap memunculkan berbagai konflik di antara penghobi.

Dengan berkembangnya dunia hobi burung yang semakin maju dan menjamur sesungguhnya lomba burung berkicau memiliki potensi yang besar untuk mendukung laju perekonomian Masyarakat yang menggantungkan hidup dari bisnis hobi ini.

Hal tersebut menjadi rasional karena dunia hobi burung sangat erat kaitannya dengan pangsa pasar yang cukup menguntungkan jika di tilik dari sisi ekonomi, seperti halnya sepak bola, dunia hobi burung modern seperti sekarang ini lebih mengarah kepada industri, meskipun itu hanya sebatas pandangan dari beberapa Narasumber.

Melalui tulisan yang Kami rangkum dari berbagai isue yang berkembang di Masyarakat, baik melalui media sosial ataupun secara bisik-bisik, banyak kalangan yang berpendapat setidaknya ada beberapa alternatif solusi untuk dapat membawa dunia hobi lomba burung berkicau ke taraf yang lebih baik, antara lain :

  • Sebagian kalangan penghobi berpendapat bahwa, Untuk menertibkan dunia perburungan di tanah air perlu di bentuk suatu badan/ lembaga khusus yang tugasnya sebagai pengawas secara keseluruhan jalanya dunia hobi burung, karena pada dasarnya hobi merupakan milik semua orang, bukan pribadi ataupun golongan yang hanya mementingkan keuntungan semata.
  • Pembentukan badan/ lembaga khusus yang bertugas mengawasi secara keseluruhan jalannya dunia hobi lomba burung tersebut sebaiknya berasal dari kalangan yang benar-benar netral/ Independent untuk menciptakan iklim yang kondusif.
  • Di adakannya reformasi besar-besaran di dalam tubuh suatu organisasi burung yang sudah berdiri dan memiliki basis massa/ Event Organiser baik itu pengurus maupun etos kerja dari masing-masing individu yang terlibat di dalamnya, hal ini di anggap penting karena kepengurusan/ EO lomba/ Organisasi selama ini di anggap belum sepenuhnya mampu menjadi wadah bagi para penghobi burung berkicau di tanah air.
  • Untuk Para Event Organiser Lomba Burung, Sosialisasi Sistem maupun peraturan sebuah perlombaan burung berkicau di lakukan jauh-jauh hari sebelum perlombaan tersebut di laksanakan, Sosialisasi maupun bentuk edukasi terhadap peserta sangat di perlukan untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi, hal tersebut di rasa sangat penting mengingat masing-masing individu penghobi pada dasarnya sangat menginginkan bentuk perlombaan yang fair dan kondusif.
  • Jadilah Peserta lomba yang cerdas, sebaiknya para pelomba lebih bijaksana dalam menentukan suatu event lomba yang bakal di hadiri, semisal kurang cocok dengan segala sistem yang di terapkan sebuah EO lomba tertentu sebaiknya tidak usah menghadiri toh masih banyak event-event lainnya yang bakal di selenggarakan, dan perlu di tekankan bahwa sebagai pelomba kita berhak untuk memilih.

Mimpi, , mungkin itu yang terlintas di benak dan pikiran masing-masing pembaca, mengingat kompleknya berbagai permasalahan di dunia hobi lomba burung berkicau tanah air, uraian opini di atas di harapkan sedikit bisa menjadi sumbangan Solusi untuk dunia perburungan di Indonesia, sehingga di harapkan melalui dunia hobi yang notabennya mencari kesenangan bisa berjalan sebagai mana mestinya yang di harapkan banyak orang. Salam Ronggolawers. Panji

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login