Beternak Murai Batu Jalan Yang Tepat Menjelang Masa Pensiun

 

Seiring berjalannya waktu tak ada kata untuk kita mengulang masa yang sudah terlewati, daun yang hijau pasti menggantikan daun yang sudah menguning, putaran roda waktu terus menggerus pergantian hari. Begitu pula masa kerja yang pastinya akan mengalami masa pensiun.

Seperti yang dialami oleh bapak tiga anak yang tinggal di daerah kota probolinggo jawa timur ini, masa pra pensiun sudah mulai mendekat persiapan untuk pekerjaan selanjutnya masih belum terpikirkan, namun keberuntungan ternyata masih ada di tangan bapak Fauzi yang notabene penghobi burung kicauan sejak masih muda, berkat hobi ini pula masa menjelang pensiun telah terfikirkan untuk berternak burung Murai batu.

Alasan inilah yang membuatnya mulai belajar untuk berternak sebagai persiapan untuk pensiun, dari mulai membuka internet hingga berkunjung ke teman sebayanya yang telah dahulu menjalankan ternak burung ekor panjang ini sudah ia lakukan, Dengan semangat yang begitu luar biasa mulailah membeli anakan dari peternak teman sendiri di wilayah gresik dan malang,

Dua tahun berlalu kandang kecil di pojok halaman belakang rumah mulailah dibangun dengan sesederhana mungkin untuk mengawali harapannya, tak pelak berkat kesungguhannya hasil itu telah nampak sejak burung yang dibelinya telah jodoh dan mulai menghasilkan telur, dengan penuh harap telur yang dihasilkan oleh burung piaraanya itu akan menetas dan tumbuh menjadi anakan yang sempurna, tiga puluh hari berlalu penantian itu tak membuahkan hasil dari apa yang diharapkan alias telur tak jadi menetas.

Perasaan putus asa sempat menjadi momok untuk melanjutkan cita-citanya, namun tekad yang besar membuatnya tak patah semangat, konsultasi dan belajar membuat Mr.Fauzi mendapatkan masukan-masukan untuk meneruskan cita-citanya menjelang masa pensiun dari pekerjaannya di salah satu perusahaan energi negara itu.

Dari pengalaman itulah ilmu itu didapatkan, otak-atik betina mulai dilakukan hingga ahirnya sampai pada menambah indukan baru dengan alasan agar lebih mengerti perbedaan karakter dari burung satu dengan burung lainnya.

Alhasil lima bulan berlalu berkat betina yang baru dibelinya menghasilkan telur yang baik sejak memakai Ebod Breding yang berfungsi menyehatkan benih telur pada indukan murai batunya. Kini berkat Ebod Breeding indukan terus menghasilkan anakan yang sehat dan bekualitas.

Kini Mr.Fauzi mulai yakin dengan apa yang dia citakan setelah pensiun dari pekerjaan yang dia geluti selama 53 tahun ini, dan ini adalah berkah bahwa hobi yang selama ini dijalani masih mampu menopang hidupnya jika masa pensiun itu datang, semua ini bukanlah hal kebetulan akan tetapi harus diawali dengan niat yang besar bukan dari ikut-ikutan atau sekedar hiburan semata.

Kunci dari semua ini adalah Niat, usaha dan terus belajar karena setiap burung mempunyai karakter berbeda-beda, kita boleh meniru usaha orang lain namun hoki dan rejeki hanya ALLAH SWT yang tahu ungkap bapak tiga anak dengan senyum ramahnya. *y4


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login