Berbagai Metode Untuk Memandikan Burung Yang Baik

Ada banyak metode dalam memandikan burung yang baik dan benar, Mandi tak hanya menjadi ritual ajang bersih – bersih saja sebenarnya. Ada banyak manfaat loh dalam memandikan burung – burung berkicau amunisinya. Mandi memiliki efek yang besar dan sangat bagus bagi burung, diantaranya meningkatkan kualitas suara, merapihkan bulu – bulu burung, Bulu burung tetap bersih dan bebas dari kutu dan kuman yang merugikan, menyehatkan tubuh burung dan masih banyak lainnya. Karena mandi merupakan kebutuhan dan point terpenting, kadang kita yang sibuk dan tak sempat memperhatikan “ Kesejahteraan “ amunisi burung kesayangannya, sering kali lalai dalam melaksanakan point penting ini dan burung pun sering melakukan gesture – gesture tertnetu. memang sih, kadang burung sering memandikan dirinya sendiri pakai air dalam cepuk air minumnya tetapi ada baiknya anda yang langsung memandikannya sendiri. Kali ini Ronggolawe akan merangkum metode – metode apa sajakah yang bisa diterapkan.

  • Metode menyiapkan tempat atau wadah besar yang diisi air dan biarkan burung renang sendiri. metode ini cukup ampuh dan memanjakan burung. biarkan dengan bebas bermain dalam wadah air tersebut, kurang lebih 10 menit agar burung tidak kedinginan dan cara ini juga bisa menjinakan burung supaya birahinya tetap stabil.
  • Metode memandikan burung di Keramba, Metode ini cukup banyak dipakai para pecinta kicau mania terutama bagi yang memelihara Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Cucak Jenggot, Pentet dan lain – lain. Burung bisa mandiri sendiri dengan caranya dan efektif juga membuat gesit burung. istilahnya ini “ sauna spa nya burung bikin burung jauh lebih rilexs.
  • Di semprot dari luar kerodong atau sangkarnya, Paling praktis, cepat dan singkat. Semua pasti setuju mengapa ini cara yang paling lazim diterapkan, tetapi hati – hati juga mengandung resiko. diperlukan ketelitian agar air yang disemprotkan tidak masuk pada hidung burung. Metode ini juga diterapkan oleh Ucok Bandeh dari Screem Bandung yang memakai Metode Mandi Basahmenggunakan selang dan karena ini lumayan susah bagi sebagian, tapi paling sering di praktekan Ucok Bandeh. Tertarik untuk mencobanya ?
  • Mandi dengan menyentuh tubuh burung langsung, burung kita pegang ditangan lalu kita usapkan air dengan tangan pada sekujur tubuh burung hingga bersih. jangan lupa hingga ke selap – selap tubuh burung agar semua keseluruhan tubuh burung bersih tanpa terkecuali.

Dan jangan lupa, anda bisa memberikan Shampo Jatijajar dari Ebod jaya yang bisa membunuh kutu dan kuman, bisa juga dipakai untuk membersihkan sangkar agar tetap steril dan bisa melembutkan bulu burung. Cara pemakaian nya cukup disemprotkan pada burung saja. Praktis bukan? Atau bila ada kendala burung sedang dihinggapi kutu dan anda ingin mengobatinya anda bisa menggunakan Ebod Tox yang memiliki ragam manfaat selain mengobati kutuan juga mengatasi sulib mabung pada burung.

Itulah metode – metode yang bisa anda terapkan untuk memandikan burung. Anda bisa memilih waktu bisa pada pagi hari atau malam hari sah – sah saja. selamat mencoba ! ( Shindeww aka Shinta dewi / Agustus 2017 )


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login