Berangkat Dari Hobi , H Sukardi Merintis SKDT Breeding Farm penghasil Murai Batu Berkualitas

 

Mediaronggolawe.com Bandung   – Usaha Breeding Farm memang menjadi Wirausaha yang sangat menjanjikan  margin nya karena berbanding lurus dengan banyaknya para pecinta kicau mania  di tanah air ,  Hal itu pun dirasakan betul oleh H Sukardi . Berangkat dari Hobi , H Sukardi yang merupakan pemain lawas di dunia kicau mania mendirikan Usaha  breeding farm dengan ring SKDT  yang merupakan singkatan dari nama beliau sendiri ini berlokasi di Tani Mulya Kota Cimahi . Berdiri sejak Januari 2017 , H Sukardi kini memiliki 17 Pasang Murai Batu indukan berkualitas tinggi yang  menghasilkan anakan berkualitas tinggi . Indukannya pun berasal dari macam – macam Jenis Murai Batu , yang istimewa dari Breeding farm SKDT ini ada indukan yang merupakan  anakan dari Murai Batu fenomenal yaitu Dewa Mabuk , Murai Batu Tiger yang melesat namanya karena menjuarai Piala Gubernur Jawa Timur dan Kapolda Jatim pada 2010 serta Murai Batu Blorok . Pemasarannya pun tak hanya di Kota Bandung saja , tetapi hasil breedingannya sudah tersebar luas ke berbagai wilayah seperti Wilayah Jabodetabek , SKDT pun juga mengisi berbagai Kios / Toko – Toko Burung . Tak Pelak , terkadang saking permintaan banyak membuat SKDT Kewalahan melayani pemesan ,tetapi dengan sistem administrasi yang baik semua itu bisa terkordinir secara rapih .

Sistem Promosi dari mulut ke mulut membuat SKDT terkenal di kalangan pecinta burung Murai Batu , Calon pembeli biasanya bisa langsung datang ke kediaman H Sukardi untuk melihat langsung anakan Murai Batu miliknya di Lantai 3 tempat tinggalnya .  Karena permintaan yang terus mengalir setiap harinya H Sukardi pun ingin memperlebar usaha Breeding farmnya agar lebih banyak menampung hasil breedingannya serta terus menambah indukan Murai Batunya lebih banyak lagi . Ketika di tanya berapa kali 1 Indukan bertelur , H Sukardi memaparkan 1 Indukan Murai Batu bisa menghasilkan 7 telur hingga lebih . Dalam kurun waktu 2 minggu , telur – telur itu mulai dierami sang induk dan mulai menetas . Lolohan anakan tersebut di pindahkan ke tempat yang aman . SKDT pun termasuk salah satu breeding farm  terbaik yang ronggolawe temui , karena disiplin dalam perawatan lah yang membuat SKDT ini lain dari yang lain . Diakui sang empunya , apabila menemukan kendala seperti Indukan tidak bisa bertelur langsung dicari masalahnya “ Biasanya kalau ada  Indukan yang tidak menghasilkan telur , kita langsung gerak cepat mengatasi kendala tersebut . Makanya saya selalu sediakan Indukan cadangan agar masalah tersebut bisa diatasi “ ujar H Sukardi berbagi ilmu breedingnya kepada Ronggolawe .

di sebelah sisi kandang penangkaran , tersedia ulat hongkong dan Jangkrik  untuk pakan Murai Batu . Tak hanya memberikan EF saja , H Sukardi pun juga memberikan vitamin tambahan salah satunya product Ebod Breeding untuk menopang stamina indukan .  H Sukardi sebelum terjun ke Penangkaran Murai Batu , Beliau pernah usaha jenis burung berkicau lainnya tapi berhenti karena satu dan lain hal . Beliau pun memutuskan untuk memperdalam pengembangan Murai Batu dan sukses dari 1 pasang hingga sekarang , ketika disinggung  bagaimana mengembangkan usaha penangkaran Murai Batu , beliau pun menuturkan Ternak Murai Batu tidak lah susah asalkan merawatnya benar dan dispilin tentunya . Berkat tangan dinginnya , banyak testimoni positif dari para pelanggannya mengaku puas dengan hasil anakan breedingnaya karena hampir semua anakannya “ Jadi “ dan menjadi juara dilapangan . Hal ini tentu saja menjadi momok membanggakan bagi H Sukardi dan terpacu untuk lebih baik lagi ke depannya , bahkan kemarin ketika berbincang – bincang dengan H Sukardi sudah ada yang indent 4 orang untuk memesan anakan SKDT di waktu bersamaan .

Harapan tentu tak lepas dari H Sukardi , ingin ternakannya lebih maju agar bisa berkembang lagi dan anakan hasil breedingnya tak hanya tersebar di wilayah Bandung dan Jabodetabek saja , tetapi ingin pasarannya menjamah seluruh wilayah di Indonesia . Sukses terus untuk H Sukardi dan breeding farm SKDT nya , semoga bisa semakin maju terus dan berkembang .Bagi para Murai Lovers apabila tertarik dengan hasil breedingan SKDT bisa langsung mendatangi kediaman H Sukardi yang beralamat di bilangan Tani Mulya dan lebih lengkapnya bisa menghubungi H Sukardi di  0813 2188 6683.( Shindeww aka Shinta Dewi / 28 /09/2017 )

Check video dari anakan hasil dari SKDT Breeding Farm dibawah ini :

 

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login