Ali Sandy Peternak Lovebird Juara di Pasar Burung Beji Tulungagung

Tulungagung, Jawa Timur, mediaronggolawe.com – Kicaumania sejati dan Sahabat Ronggolawers pasti tahu kalau Pasar Burung Beji Tulungagung tempat mencetak para legendaris di dunia hobi burung berkicau. Terbukti Ali Sandy berawal dari pemain burung berkicau kini berhasil jadi legenda di Pasar Burung Beji Tulungagung. Semua hasil breeding Burung Lovebird Ali Sandy berhasil menjadi pusat perhatian kicaumania di seluruh wilayah Jawa Timur.

“Saya jualan di Pasar Burung Beji Tulungagung sejak 10 tahun lalu. Awalnya jadi pemain burung berkicau di Lapangan Legendaris bersama Team Antasari BC Tulungagung. Tapi seiring perjalan di hobi dunia burung berkicau akhirnya saya memutiskan melakukan ternak Burung Lovebird dengan nama breeder Ali Sandy Stasiun Lovebird,”Ujar Ali Sandy di Pasar Burung Beji, Tulungagung, Jawa Barat, Selasa (25/4).

Kenapa Ali Sandy pakai nama breedernya Stasiun Lovebird, itu karena agar hasil ternakan Burung Lovebird dari breeder Ali Sandy panjang seperti kereta tidak pernah putus-putus sebelum samapi tujuan. Ternyata hasil ternaknya terbukti selalu jadi juara di arena kompetisi burung berkicau karena suaranya panjang keras dan tidak akan berhenti ketika belum sampai tujuan.

Tips untuk berhasil jadi seorang breeder Burung Lovebird yang menghasilkan burung-burung jawara adalah bertenak dengan hati untuk mengahasilkan burung jawara. Cukup berikan Miltih, Milet Putih Ebod jaya sebagai Pakan harian dipastikan hasil anakkan burung lovebird berada di jalur jawara ketika tampil di arena kompetisi burung berkicau. Untuk sistem perkawinan, Ali Sandy menggunakan sistem batre yaitu pasangan yang sudah cocok dimasukan kedalam satu sangkar ternak.

“Cukup berikan Milith, Jagung, Sayuran dan Vitamin bisa menghasilkan ternakan berkualitas tapi sistem yang dipakai sistem ternak alami tanpa campur tangan penjodohan paksa. Apalagi menggunakan obat-obatan yang bisa membuat usia burung lovebird tidak panjang dan tidak bisa ngekek panjang seperti kereta,”ujarnya.

Apalagi kini Ronggolawe Nusantara menjadi buah bibir di Pasar Burung Beji, Tulungagung, Jawa Timur maka secara pasti hasil ternak Burung Lovebird Sandy Stasiun Lovebird akan ikut menikmati masa kejayaan Ronggolawe Nusantara. Lapangan festival dan kompetisi burung berkicau Legendaris yang rutin sebagi tempat latihan dan silahturahmi kicaumania setiap hari Selasa di Pasar Burung Beji Tulungagung menjadi bukti Ronggolawe Nusantara dicintai oleh kicaumania Tulungagung. Lapangan Legendaris Ronggolawe Nusantara bukan hanya jadi tempat latihan burung berkicau tetapi tempat paling gampang dan mudah mendapatkan kebutuhan yang diperlukan burung berkicau.

“Asal kicaumania tahu, Lapangan Legendaris ini sudah tiga (3) generasi di Pasar Burung Beji Tulungagung. Berawal dari Antasari BC sekitar tahun 1997an lapangan Legendaris sudah menjadi tempat kicaumania mencurahkan hobinya di lapangan. Kini kami yang tergabung di Ronggolawe Nusantara meneruskan perjuangan Antasari BC menciptakan jawara-jawara sejati dari Lapangan Legendaris mulai awal tahu 2016,”Ujar Rico Indra Ketua Ronggolawe Nusantara DPC Jawa Timur di Pasar Burung Beji Tulungagung, Selasa (25/4).

Kicaumania Tulungagung tentu sudah akrab dengan Pasar Burung Beji. Pasar Burung Beji yang legendaries ini, sejarah kicau mania Tulungagung berawal. Pasar burung Beji yang juga merupakan tempat mengais rejeki bagi sekian banyak pedagang burung, baik itu pedagang yang memiliki kios, maupun pedagang yang hanya sekedar mangkal untuk menjual daganganya, Pasar burung yang telah berdiri cukup lama ini telah banyak memberikan warna bagi kicau mania Tulungagung. Karena di pasar burung Beji inilah awal mula berdirinya gantangan yang berada di wilayah Tulungagung. (Ahmadi/23 April 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login