Ada Pemuda Ternak Burung Ciblek Daput Di Sela-Sela Dapur.

“ Sukses breeding murai batu berlanjut coba-coba ternak ciblek “

Bojonegoro,mediaronggolawe,-. Ternak burung ciblek memang susah-susah gampang,banyak juga yang berhasil salah satunya breeder asal Desa Penganten Kecamatan Balen Bojonegoro. Mas Halim biasa dikenal selain mempunyai 7 pasang murai batu,sepasang cucak rowo dan yang unik experiment penjodohan burung ciblek dada putih berhasil menghasilkan 3 ekor anakan dari satu indukan tembean.

Berawal dari iseng menjodohkan sepasang jantan betina ciblek yang semula di pergunakan untuk masteran trotol murai batu,disamping karena ada kandang bekas murai batu yang kosong. Makanan sehari-hari hanyalah bekas makanan murai batu yaitu uler kandang dan extrafooding kroto jika telur sudah menetas. Proses penjodohan berlangsung antara 3-7 hari atau jika nampak sudah akur maka burung bisa dimasukkan kandang ternak. Proses dari bertelur hingga menetas kurang lebih sama dengan murai batu 11-14 hari masa pengeraman. Jangan lupa sediakan bahan sarang yang tidak membahayakan seperti bahan sarang yang biasa digunakan untuk breeding kenari. Biasanya yang dialami Mas Halim telur tembean tidak menetas mungkin karena masa kawin yang kurang produktif sehingga telur invertil.

Lalu lalang manusia tidak menghalangi masa kawin dan pengeraman,nyatanya di lompongan dapur pun masih bisa produksi. Pengetasan anakan ciblek berusia 6-7 hari dan diloloh menggunakan Voer Ronggolawe halus yang diproduksi untuk burung yang belajar mengkonsumsi voer atau burung muda hutan yang baru belajar mengkonsumsi voer. Voer Ronggolawe di campur kroto segar dan diloloh sehari 3kali atau bahkan ketika burung lapar wajib diloloh.

Dari 3 anakan yang hasilkan  burung ciblek dengan ring Hesti(nama bird farm Mas Halim) kini mulai unjal dan terpantau kawin lagi. Penawaran untuk indukan dan anakan burung Mas Halim luar biasa banyaknya hingga salah satu kicaumania dari mojokerto menawar dengan angka yang cukup fantastis. Katanya burung ciblek yang sudah berproduksi aktif ada seni tersendiri mas,tapi dalam waktu dekat akan saya simpan dulu sebagai calon indukan,-ujar Mas Halim yang didampingi anak semata wayangnya.

Experiment ternak ciblek menurut beliau akan ditambah kurang lebih 3-4 pasang kedepannya,tinggal menunggu bahan calon indukan yang tepat dan pejantan yang gacor untuk menjadikan anakan kualitas. Jika anda ingin meminang anakan cucak rowo atau murai batu bahkan anakan ciblek bisa menghubungi Mas Halim Bojonegoro (whatsapp 085736454449)

Sahabat Ronggolawe,perlu diketahui anakan burung ternakan anda rentan penyakit menyerang. Apalagi dengan musim yang tak menentu,Ebod Jaya yang tak henti mengeluarkan solusi terbaik untuk burung ternakan anda. Ebod Breeding untuk mengatasi problem reproduksi burung anda.Ebod Vit bisa diteteskan dilolohan racikan untuk burung anda dengan tujuan agar burung vit selalu dan meningkatkan daya tahan tubuh anakan. Dijual dipasaran dengan harga terjangkau dan sudah dibuktikan oleh banyak kicaumania,segera buktikan kualitasnya Ebod Vit. Stay di www.mediaronggolawe.com media hobi masa kini (aziz fauzi 081234418290 33,29 april 2017)

 


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login