1000 Jalak Suren Karawang Dukung Kelas Utama Ronggolawe Nusantara

Karawang, mediaronggolawe.com – Burung Jalak Suren memang istimewa, Burung Jalak Suren yang sering jadi burung hiasan di rumah kini menjadi Burung yang sangat istimewa di arena festival dan kompetisi burung berkicau. Ronggolawe Nusantara adalah salah satu Organisasi Perkumpulan Burung Berkicau Indonesia yang ingin Burung Jalak Suren berada di kelas utama. Terbukti, 1.000 anggota Jalak Suren Karawang yang sering menyebutkan diri mereka guyub rukun berbagi satu burung berjuta saudara jos tampil di arena festival dan kompetisi burung berkicau Mutiara Ebod Jaya Ronggolawe Nusantara DPW Jabar 4 di Lapangan Kontes Ebod Karawang, Gorowong, Karawang, Jawa Barat, Rabu 11 Januari 2017.

“Kami komunitas Jalak Suren Karawang (JSK) sangat bahagian bisa main di lapangan Ronggolawe Nusantara. Apalagi kini, Burung Jalak Suren yang hanya dipandang sebelah mata hanya burung hiasa rumah kini menjadi pusat perhatian kicaumania. Karena Ronggolawe Nusantara menjadikan Burung Jalak Suren berada di kelas utama setiap kali festival dan kompetisi burung berkicau yang diadakannya,”Kata Jamal Noor Admin JSK di Lapangan Kontes Ebod Karawang Gorowong, Rabu (11/1).

Ada 1.000 anggota JSK di Karawang tapi kalau dihitung total anggota JSK ada 3.000 yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Kalau Komunitas Burung Jalak Suren kumpul bisa kelar hidup kicaumania karena akan jadi lawan paling ditakuti. Memang pada awal tahun 90-an penggemar Burung Jalak Suren sangat booming. Banyak penggemar burung berkicau pada saat itu memburu Burung Jalak Suren. Walaupun dunia hobi burung berkicau waktu itu belum seramai pada saat ini. Mereka hanya menjadikan Burung Jalak Suren sebagai burung hiasan rumahan selain bisa dinikmati kemerduan suaranya.

“Ada kebanggaan pada saat itu ketika seseorang mempunyai Burung Jalak Suren sebagai burung peliharaannya di rumah,”Ujarnya. Tapi kini, Burung Jalan Suren sudah semakin ramai di dunia hobi burun berkicau terutama di setiap kali Festival dan Kompetisi Burung Berkicau Ronggolawe Nusantara. Performa Burung Jalak Suren sendiri memang sangat menarik. Bentuk tubuhnya sangat proporsional. Ditambah kombinasi warna hitam dan putih pada bulunya yang sangat serasi. Belum lagi ada warna merah yang mengelilingi matanya, membuat Burung Jalak Suren terlihat begitu gagah ketika dipandang.

Memang pada bebera tahun lalu perburuan Burung Jalak Suren seperti tak terkendali. Hingga puncaknya terjadi pada tahun 1997-an. Burung Jalak Suren sudah sangat sulit ditemukan di alam bebas. Harga di pasaranpun sangat tinggi. Walaupun begitu keinginan penggemar Burung Jalak Suren semakin bertambah. Sekarang keadaannya sudah sedikit berbeda. Walaupun di alam bebas kita masih kesulitan untuk menemukan Burung Jalak Suren, tetapi di pasar-pasar atau di kios-kios  burung, anakan ataupun Burung Jalak Suren yang sudah dewasa sangat mudah dijumpai.

Ternyata kelangkaan Burung Jalak Suren dimanfaatkan oleh penangkar untuk berternak Burung Jalak Suren. Pada kenyataannya banyak penangkar Burung Jalak Suren yang telah berhasil mendapatkan hasil anakannya. Akhirnya hal ini menjadi daya tarik bagi penangkar lainnya untuk ikut menangkarkan. Hingga kini, kata dia, di Karawang saja sudah ada 5 orang yang berhasil berternak Burung Jalak Suren walaupun tidak terlalu berhasil seperti daerah lain. Itu karena faktor cuaca dan lingkungan tapi kalau masalah pakan voer yang paling cocok digunakan untuk  Burung Jalak Suren adalah Pakan Voer Ronggolawe yang terbukti banyak mengandung nutrisi, vitamin dan ada antioksidannya yang bisa mencegah burung dari virus penyakit mematikan. (Ahmadi/9 Januari 2017)


Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login